Sukses

Parenting

Menjalankan Puasa Saat Hamil, Apa yang Perlu Diperhatikan?

Fimela.com, Jakarta Tidak lama lagi umat muslim akan sampai pada bulan Ramadan. Di bulan yang penuh keistimewaan dan rahmat tersebut, umat muslim yang telah memenuhi syarat dan ketentuan diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Meski begitu, ada beberapa orang yang diperbolehkan meninggalkan puasa dan menggantinya di hari lain karena beberapa alasan termasuk kehamilan dan menyusui.

Meski meninggalkan puasa karena alasan tertentu diperbolehkan, tidak sedikit ibu hamil yang tetap menjalankan ibadah puasa. Melansir dari laman hellosehat.com, ibu hamil diperbolehkan tetap menjalankan ibadah puasa selama ia dan dokter menjamin bahwa kondisi kesehatannya dan janin di kandungannya baik-baik saja. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh Mom ketika menjalankan ibadah puasa selama kehamilan.

Apa yang perlu diperhatikan? Simak yang berikut ini.

Puasa Saat Hamil

Kondisi Kesehatannya dan Janin

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kondisi kesehatan Mom dan janin. Pastikan kondisi keduanya baik dan aman untuk menjalankan ibadah puasa. Kondisi kesehatan yang tidak prima bisa meningkatkan berbagai masalah pada kehamilan. Jika Mom merasa tidak kuat untuk berpuasa dan kondisi kesehatan melemah, tak ada salahnya untuk meninggalkan puasa dan menggantinya di hari lain. Sebelum memutuskan untuk berpuasa selama kehamilan, pastikan untuk mengonsultasikan kondisi kesehatan ke dokter atau bidan ahlinya.

Asupan Nutrisi dan Gizi

Meski sedang berpuasa dan tidak makan maupun pun minum di siang hari, pastikan untuk memenuhi asupan nutrisi serta gizi tubuh dengan baik. Perbaiki lagi asupan nutrisi saat berbuka, makan malam dan sahur. Perbanyak konsumsi sayur, buah dan asupan cairan. Hindari juga berbagai makanan manis dan asin berlebih selama berpuasa. Makanan yang terlalu manis maupun asin dikhawatirkan akan menurunkan performa tubuh selama kehamilan.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menjalankan puasa selama kehamilan. Perhatikan lagi kecukupan istirahat dan olahraga selama kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Simak Juga Video Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pentingnya Kontrol Gula Darah Bagi Pasien Diabetes Tipe 2 Saat Ramadan
Artikel Selanjutnya
Sambut Ramadan, Nikmati Sajian Khas Timur Tengah dan Takjil Gratis di Pusat Ibu Kota