Sukses

Lifestyle

Hasil Sidang Isbat Tentukan Awal Puasa Jatuh pada Hari Selasa 13 April 2021

Fimela.com, Jakarta Sidang Isbat yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) pada hari ini, Senin (12/4/2021) telah menentukan bahwa awal puasa Ramadan 1442 H jatuh pada hari Rabu (13/4/2021) besok. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan bahwa selama sidang berlangsung, tidak ada perbedaan dan semua bersepakat bahwa puasa 1 Ramadan jatuh pada tanggal 13 April 2021.

"Malam ini bisa sahur," kata Yaqut Cholil Qoumas.

Sidang Isbat ini dihadiri oleh sejumlah pihak, yaitu Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), serta Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB). Sejumlah ormas Islam juga hadir di dalam sidang ini, seperti NU, Muhammadiyah, Persis, dan Al Washliyah.

Puasa pertama jatuh pada hari Selasa 13 April 2021

Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin telah menyatakan sebelumnya bahwa dalam melihat hilal untuk menentukan awal Ramadan dilakukan Rukyatul Hilal di 86 titik di seluruh Indonesia. Hilal awal Ramadan 1442 H pada hari Senin (12/4/2021) ini sudah memenuhi kriteria visibilitas hilal yang ditetapkan oleh MABIMS (Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Singapura), yaitu tinggi hilal minimal 2 derajat, elongasi bulan ke Matahari minimal 3 derajat atau usia hilal minimal 8 jam. Selamat menunaikan ibadah puasa, Sahabat FIMELA!

Saksikan video menarik setelah ini

#Elevate Women

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Rayakan Idul Fitri yang Menyenangkan Bersama Anak
Artikel Selanjutnya
5 Resep Masakan Lebaran tanpa Santan yang Sedap