Sukses

Lifestyle

5 Hal Ini akan Selalu Mengingatkanmu pada Nuansa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Ramadan menjadi momen yang menyenangkan bagi semua umat Muslin di dunia. Ada banyak kegiatan yang dapat mereka lakukan selama bulan Ramadan berlangsung. Terlebih bagi rumah tangga, kesibukan pasti akan terlihat saat menjelang berbuka. Bahkan kita merindukan akan beberapa menu makan yang hanya hadir saat bulan Ramadan. Berikut ini adalah beberapa hal yang paling sering hadir dalam perayaan ibadah puasa Ramadan di seluruh dunia.

1. Doa

Meskipun fokus Ramadan sering kali adalah pantang makanan dan minum, bulan ini juga dianggap paling suci dalam kalender Islam. Ini berarti bahwa umat Muslim berusaha memanfaatkannya dengan berdoa dan mengingat Allah sebanyak yang mereka bisa. Tarawih adalah shalat sunnah yang diadakan setelah shalat Isya yang sering dilakukan orang di masjid atau dalam kelompok besar.

Al-Qur'an adalah Kitab Suci bagi umat Islam, dan dianjurkan untuk membacanya sebanyak mungkin selama Ramadan. Merupakan hal yang umum bagi orang untuk mencoba menyelesaikan membaca seluruh Al-Qur'an di bulan Ramadhan, dengan membaca satu dari 30 bagiannya setiap hari, selama sebulan penuh. Umat ​​Muslim percaya bahwa pahala membaca Al-Qur'an selama bulan Ramadan meningkat beberapa kali lipat.

2. Kurma

Tentu saja, tidak mengherankan bahwa setelah membatasi diri dari makanan dan minuman sepanjang hari, orang menjadi memiliki nafsu makan yang tinggi ketika tiba waktunya untuk berbuka puasa. Setiap orang mungkin akan membeli kurma dalam jumlah banyak untuk bulan Ramadan, karena ini adalah dua hal yang sebaiknya berbuka puasa, menurut contoh Nabi Muhammad (SAW).

3. Buka Bersama

Pesta buka puasa dan perjamuan adalah hal penting di bulan Ramadan, di belahan dunia mana pun berada. Orang-orang mengadakan pertemuan di rumah mereka dengan pesta yang diatur, dan seringkali menyiapkan pengaturan untuk sholat tarawih bersama juga. Secara alami, ini adalah kesempatan bagus untuk menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga untuk membangun rasa kebersamaan yang kuat.

4. Beramal

Memberi adalah bagian besar dari semangat Ramadan. Orang sering cenderung membayar zakat yang merupakan kewajiban bagi umat Islam untuk membayar untuk menyucikan kekayaan mereka. Orang juga memberi lebih dari sekedar amal yang dibutuhkan - baik dengan menyumbang ke organisasi, atau ke orang. Acara buka puasa diadakan untuk mereka yang kurang beruntung, terkadang di tenda atau bahkan di rumah.

Orang-orang menyiapkan makanan dari rumah dan mengaturnya untuk diberikan kepada orang-orang di sekitarnya. Masjid-masjid di seluruh negeri juga mengatur makanan gratis kecil pada waktu buka puasa, sehingga orang-orang yang datang untuk berdoa dapat memanfaatkannya. Paket kecil juga diberikan di jalan dan lampu lalu lintas saat matahari terbenam bagi siapa saja yang mungkin terlambat berbuka puasa.

5. Etiket Ramadan

Baik itu menghormati satu sama lain dan tidak bertengkar, tidak berbicara atau menghormati mereka yang berpuasa dan berbicara dengan baik satu sama lain, Ramadan adalah bulan di mana orang-orang mensucikan perilaku mereka, selain berpantang dari makanan dan minuman.

 Tradisi Ramadan apa yang Sahabat Fimela rayakan bersama keluarga dan teman? Jadikan Ramadan tahun ini lebih menyenangkan dan tetap bersemangat.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading