Sukses

Lifestyle

5 Cara Mencapai Resolusi yang Dibuat selama Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Setiap orang pasti ingin menjadi pribadi yang lebih baik setelah menjalani puasa Ramadan selama sebulan karena memang itulah tujuan yang seharusnya dicapai. Seperti menyambut tahun baru, kamu bisa menetapkan resolusi agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik selama Ramadan. Ini sekian cara yang bisa dilakukan agar resolusi tercapai selama Bulan Ramadan.

1. Jangan merencanakan terlalu banyak hal

Kamu mungkin punya banyak keinginan melakukan banyak hal, tapi bersikaplah realistis dan mempertimbangkan apa yang benar-benar bisa kamu jalankan. Menetapkan satu resolusi saja namun berkomitmen terhadapnya, jangan menetapkan banyak namun tak terlakana semuanya.

2. Mulai dari hal kecil, dan lanjutkan

Biasanya 10 hari pertama puasa adalah waktu yang sulit dijalani karena tubuh harus menyesuaikan diri. Mulailah dengan perubahan kecil namun berkala. Misalnya memiliki resolusi membaca Al Qur'an setelah subuh, tak masalah jika belum bisa banyak karena mengantuk, tapi lanjutkan setiap hari.

3. Tuliskan pencapaianmu

Agar memiliki rasa bangga sekaligus memotivasi diri sendiri agar tetap bisa menjalankan resolusi, tuliskan perkembangan setiap harinya. Berhasil bangun pagi setelah sahur misalnya, atau berhasil olahraga setiap hari meski sedang puasa. Tuliskan agar kamu tahu dirimu sudah mengalami perubahan baik selama Ramadan.

4. Tidur juga ibadah

Tentu kamu akan lebih sering mengantuk selama Bulan Ramadan karena kurang tidur atau energi menurun. Agar tidak fokus terhadap rasa lapar, jadwalkan tidur siang untuk menjaga kestabilan emosional dan sebagai ibadah. Jika tidak memungkinkan tidur siang, tidurlah segera setelah tarawih.

5. Ajak teman

Resolusi selalu lebih mudah dijalankan jika memiliki teman untuk melakukannya bersama. Jika sahabat, saudara, orangtua atau pasangan bersedia menemani melakukan resolusimu, biasanya itu akan lebih ringan dijalani.

Jadi apa pun resolusi yang sedang kamu tetapkan agar menjadi pribadi lebih baik selama Bulan Ramadan, jalankan sekian hal di atas agar tidak merasa terbebani dan tetap bisa mencapai resolusi di akhir Ramadan.

#ElevateWoman with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Negara di Dunia yang Memiliki Tradisi Unik untuk Merayakan Hari Raya Idul Fitri
Artikel Selanjutnya
Mengenal Arti Ucapan Minal Aidin Wal Faidzin dan Taqabballahu Minna Wa Minkum di Hari Idul Fitri