Sukses

Lifestyle

Menyebabkan Kantuk, Makanan Ini Sebaiknya Dihindari saat Puasa

Fimela.com, Jakarta Salah satu hal yang sering terjadi saat puasa ialah pola tidur yang berantakan. Siang menjadi malam dan malam menjadi siang. Biasanya setelah sahur kebanyakan orang akan tertidur lagi hingga siang hari. Dan dari sinilah yang membuat pola tidur berantakan. Agar tidak mengantuk di siang hari saat berpuasa, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari. Lalu, apa saja bahan makanan tersebut?

Ini dia beberapa jenis makanan yang yang sebaiknya dihindari saat puasa karena menyebabkan kantuk.

Almond

Almond kaya akan triptofan dan asam amino yang menghasilkan melatonin yang sering dikenal sebagai "hormon tidur". Selain itu, kacang-kacangan ini mengandung magnesium yang meredakan ketegangan otot dan bisa menyebabkan mengantuk.

Kacang Kenari

Kacang kenari mengandung lebih sedikit triptofan daripada almond, namun memiliki sumber melatonin sendiri. Penelitian menunjukkan bahwa kenari meningkatkan kadar hormon tidur dalam darah yang bisa membuat seseorang merasa cukup mengantuk.

Pisang

Gula, kalium, dan magnesium yang ditemukan dalam pisang membuat triptofan masuk ke otak yang dengan mudah menyebabkan kantuk.

 

Teh Chamomile

Chamomile mengandung glisin dan  asam amino yang memiliki efek penenang ringan yang melemaskan otot dan sistem saraf. Setelah minum teh chamomile, seseorang hampir tidak bisa membuka mata dan berpikir fokus.

Ceri

Ceri, terutama ceri asam, memiliki kandungan melatonin yang relatif tinggi. Namun, makan segenggam ceri segar tidak akan membuat perbedaan. Minum segelas jus ceri akan membuat seseorang tertidur dalam waktu singkat.

Biji Labu

Selain triptofan, biji labu juga mengandung banyak seng dan magnesium. Senyawa ini membuat tenang dan rileks, dan seseorang hampir tidak bisa menahan godaan untuk tertidur selama beberapa menit setelah mengonsumsinya.

Ikan yang Berlemak

Asam yang terkandung dalam salmon, tuna, dan ikan berminyak lainnya meningkatkan produksi melatonin. Asam ini mengurangi tingkat hormon stres dalam darah, dan satu-satunya hal yang ingin dilakukan setelah mengonsumsinya adalah meringkuk dan tidur.

Jadi ada baiknya untuk mengurangi konsumsi bahan makanan di atas selama puasa, khususnya pada saat sahur karena bisa menyebabkan kantuk pada siang harinya. Tetapi, jika memiliki kualitas tidur yang buruk atau kesulitan untuk tidur di malam hari, mungkin tidak ada salahnya untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan tersebut.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading