Sukses

Lifestyle

8 Tanda Seseorang Mengalami Depresi dan Cara untuk Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Menghadapi pandemi masif yang telah menyebar ke seluruh dunia ini, tidak diragukan lagi kita semua sangat menderita. Dan dengan berada di rumah, lebih sedikit aktivitas, lebih sedikit interaksi sosial, kita semua mulai merasa depresi. Nah, sadness adalah fase yang berakhir dalam beberapa hari tapi saat kita bilang tertekan, istilah ini bukan sadness yang biasa. Depresi adalah suatu kondisi medis di mana seseorang merasa sakit mental dan tidak mampu mengambil keputusan, berfungsi secara normal, mendapatkan tidur yang nyenyak. Berikut ini adalah beberapa tanda bahwa seseorang mungkin mengalami depresi dan cara untuk mengatasinya.

Merasa Sedih atau Sedih Sepanjang Waktu

Jika dirimu merasa seperti ini hampir setiap hari dan di sebagian besar harimu, maka itu menjadi perhatian. Dirimu mungkin sering mendapati diri duduk sendiri, memikirkan sesuatu, dan lupa di mana dirimu berada dan apa yang sedang dirimu lakukan.

Kurang Minat

Jika dirimu tidak tertarik melakukan sesuatu yang biasanya disuka lakukan seperti menari, memasak, membaca, dan lainnya, maka itu masalah yang perlu diperhatikan. Ketika sedih dan dirimu melakukan aktivitas favorit, dirimu akan merasa baik tetapi jika itu adalah kasus depresi, apa pun yang dirimu lakukan, tidak akan merasa baik.

Sulit Tidur atau Terlalu Banyak Tidur

Dalam depresi, baik seseorang menghilangkan tidur dan terus berpikir berlebihan atau dia tidur untuk menghindari kontak dan interaksi sosial, mungkin ia mengalami depresi.

Merasa Lelah Sepanjang Waktu

Dirimu mungkin tidak melakukan apa pun sepanjang hari namun merasa sangat lelah. Inilah tepatnya yang dirasakan ketika seseorang mengalami depresi. Itu hanya karena meskipun dirimu tidak melakukan apa pun secara fisik, pikiranmu terus-menerus berpikir dan itulah yang membuatmu merasa sangat lelah.

Kehilangan Motivasi dan Putus Asa

Dalam depresi, ada perasaan putus asa dan tidak ada motivasi sama sekali. Dirimu akan merasa putus asa apa pun yang dirimu lakukan, itu tidak akan membuat perbedaan, oleh karena itu, dirimu juga membuang ide untuk mencoba segala sesuatu.

Merasa Tidak Berharga dan Bersalah

Ketika seseorang mengalami depresi, dia selalu berpikir tentang betapa buruknya mereka, mereka memiliki banyak keraguan dan rasa bersalah.

Tidak Memiliki Nafasu Makan

Perubahan nafsu makan adalah masalah utama yang terjadi dalam depresi. Dirimu mungkin tidak akan merasa lapar dan lebih menghabiskan waktu dengan mengurung diri sendiri.

Memikirkan Tentang Kematian

Ketika merasa sedih sepanjang waktu, dirimu tidak memiliki harapan dan motivasi, dirimu akhirnya akan berpikir bahwa mengakhiri hidup adalah pilihan terbaik dan paling sederhana.

Jadi, ini semua adalah gejala penting yang dengannya seseorang dapat mengetahui apakah mereka sedih atau tidak. Sekarang, untuk mempraktikkan tes diri dan mengetahui apakah itu depresi, dirimu mencatat semua gejala yang tercantum di atas dan melihat apakah salah satu atau mungkin semuanya sering terjadi belakangan ini. Ada banyak tes online yang tersedia untuk melihat apakah dirimu memiliki masalah medis ini atau tidak. Ada baiknya untuk konsultasikan diri dengan dokter.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading