Sukses

Lifestyle

5 Tips Menyembuhkan Diri Sendiri dari Masa Lalu yang Menyakitkan

Fimela.com, Jakarta Melepaskan masa lalu bisa menjadi pengalaman yang menyakitkan, yang membutuhkan kesabaran dan ketabahan. Ini adalah upaya sadar untuk melepaskan masa lalu sambil terus bergerak. Kita tidak bisa menahan diri, mengikatkan diri pada kesedihan di masa lalu dan merusak kemungkinan masa depan kita.

Kita semua pernah terluka atau mengalami patah hati yang parah atau mengalami semacam rasa sakit emosional. Hal penting untuk diingat adalah bahwa itu semua bersifat sementara dan hari-hari buruk tidak berlangsung selamanya. Berikut 5 cara yang bisa membantumu melupakan masa lalu dan menyembuhkan diri sendiri dari konsekuensi masa lalu yang menyakitkan.

Berlatih Hidup Penuh Perhatian

Belajar untuk hidup di masa sekarang dan hindari berpikir berlebihan. Hanya pikirkan hal-hal yang penting pada saat ini dan jangan khawatir tentang masa lalu atau masa depan. Semakin sedikit pikiran yang dibawa ke dalam pikiranmu, semakin baik pikiran itu. Cobalah untuk kehilangan kendali atas hal-hal yang di luar kendalimu dan miliki kebebasan untuk memilih kebahagiaan dan pikiran yang baik.

Bersikap Lembut pada Diri Sendiri

Belajarlah bersikap lembut pada diri sendiri dan pilihlah untuk bersikap baik pada diri sendiri dan orang lain juga. Jangan mengkritik diri sendiri atau menganalisis situasi secara berlebihan. Bersikaplah baik dan penuh kasih dalam kata-kata dan tindakan tidak hanya dengan orang lain tetapi juga dengan diri sendiri.

Bersabarlah dengan Waktu

Sadarilah bahwa butuh waktu untuk melangkah maju. Ini adalah proses lambat yang melibatkan dirimu melalui semua jenis perasaan dan emosi. Ikuti arus dan bersabarlah dengan diri sendiri. Jangan biarkan ini terikat waktu, move on tidak terjadi dalam semalam. Butuh berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk sembuh total. Biarkan itu mengambil waktu sendiri.

Gunakan Waktu untuk Fokus pada Diri Sendiri

Ini adalah waktu terbaik untuk memanjakan diri. Luangkan waktu untuk diri sendiri dan luangkan waktu ini untuk memanjakan diri dengan hobi tertentu atau memulai proyek gairah yang sudah lama ingin dirimu lakukan. Lakukan hal-hal yang memberimu kegembiraan dan kenyamanan yang luar biasa dan mengutamakan kebutuhan sendiri sebelum orang lain. Belajar untuk menjadi sedikit egois dan fokus pada kedamaian mentalmu sendiri.

Mengekspresikan Perasaan

Salah satu hal terpenting yang harus dilakukan saat melanjutkan hidup adalah mengungkapkan perasaanmu dan membiarkan dirimu menjadi rentan. Jangan tertutup dengan perasaanmu. Lebih sering membicarakannya, dirimu bisa mencari terapi atau bantuan profesional juga jika diperlukan, tidak ada salahnya mencoba. Apa pun yang dirimu lakukan, selaraskan dengan keputusanmu.

Melupakan masa lalu memang sulit, semua orang perlu waktu untuk bangkit. Hanya niat dan tekad yang akan menentukan keberhasilanmu melupakan masa lalu yang mungkin menyakitkan.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading