Sukses

Lifestyle

5 Tips Menjaga Kesehatan Mental saat WFH

Fimela.com, Jakarta Pernahkah dirimu merasakan kekosongan yang timbul karena bekerja dari rumah dan tidak merasakan kebahagiaan karenanya? Kemudian, inilah saatnya dirimu memasukkan produktivitas penuh kesadaran ke dalam hidup. Produktivitas kesadaran adalah kemampuan untuk menyadari sepenuhnya saat ini dan kemampuan untuk sinkron dengan perasaan dan emosi batin. Jadi berikut ini adalah 5 cara mindfulness untuk bekerja dari rumah.

Mulai Hari dengan Catatan yang Baik

Kita semua suka menghabiskan waktu pada media sosial setiap kali bangun pagi dan membiarkan diri kita mendapatkan informasi yang tidak berguna secara berlebihan. Hal ini dapat mengacaukan pikiran kita dan membuat kita lebih mudah cemas. Ini tentunya bukan cara yang baik untuk memulai hari kita. Sebaliknya, hal pertama yang perlu dirimu lakukan adalah menulis di jurnal selama 5-7 menit karena pikiran bawah sadarmu masih terbuka. Menuangkan pikiran-pikiran yang menjengkelkan dan membingungkan itu ke selembar kertas akan meremajakan indra dan membantumu memulai hari dengan pikiran yang jernih dan terbuka.

Ciptakan Ruang Kerja yang Nyaman

Lingkungan eksternal jelas memiliki dampak yang signifikan dalam mengatur nada kesejahteraan internal kita. Menciptakan ruang kerja yang bersih tidak diragukan lagi memberikan keajaiban bagi ketenangan internal. Mengelilingi ruang kerjamu dengan lukisan atau gambar alam, minyak esensial, atau lilin tidak hanya memikat kehidupan di ruang kerja, tetapi juga memiliki efek menenangkan dan pada indramu, sehingga meningkatkan fokus pada pekerjaan.

Melakukan Satu Hal dalam Satu Waktu

Dalam sebuah penelitian, terlihat bahwa rata-rata, 47% waktu seseorang terpaku pada pikirannya, dan multitasking membuatmu terjebak pada posisi yang tidak tepat. Sebaliknya, berkonsentrasi pada satu hal atau tugas pada satu waktu selalu lebih bermanfaat. Ini meningkatkan kualitas kerjamu dan menjauhkanmu dari pemikiran berlebihan.

Melakukan Semua dengan Pelan-pelan

Cara termudah untuk menanamkan perhatian penuh dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan pelan-pelan. Makan lambat, bekerja lambat, dengarkan dengan penuh perhatian. Melakukan semuanya secara perlahan akan memberikan keunggulan manajemen dan meningkatkan kemahiran. Dan yang terpenting, bekerja dengan lambat membuatmu menikmati setiap momen kerja dan kehidupan.

Cintai Dirimu Sendiri

Cintai dirimu sendiri dengan merawatnya dengan baik. Dirimu dapat melakukan meditasi dan berolahraga untuk membantumu melepaskan endorphin yang merupakan hormone yang bertanggung jawab atas kebahagiaanmu. Habiskan waktu dengan orang yang dicintai. Beristirahatlah saat mereka membuatmu bersemangat dengan energi segar untuk bangkit kembali. Beristirahat di penghujung hari sangatlah penting. Isi jurnal rasa syukur dan prestasi.

Saat bekerja dari rumah memang terasa membosankan. Akan tetapi ada beberapa hal yang dapat dirimu lakukan untuk menghindari kebosanan dan tetap produktif. Jangan lupa untuk memanfaatkan cuti untuk memberimu ruang dan waktu untuk me time.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Loading
Artikel Selanjutnya
Support Circle Indonesia, Bentuk Support Group untuk Mereka yang Memiliki Masalah Kesehatan Mental
Artikel Selanjutnya
Ternyata, Kenakan Pakaian Dalam yang Bagus Baik untuk Kesehatan Mental