Sukses

Lifestyle

Bukan hanya Ibadah, Ini 5 Manfaat Tidur Siang selama Puasa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Tidur siang selama menjalankan puasa Ramadan diketahui menjadi catatan ibadah, karena dibandingkan melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat dan mengurangi pahala, tidur siang menjadi cara terbaik menghabiskan waktu sambil menunggu waktu berbuka.

Namun bukan hanya itu saja yang menjadikan tidur siang memiliki nilai keunggulan selama menjalankan puasa. Ada banyak sekali manfaat kesehatan yang sebenarnya bisa didapatkan ketika dirimu tidur siang. Ini dia beberapa manfaat yang bisa didapatkan secara kesehatan.

1. Menjaga kesehatan otak

Sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard Medical School menemukan bahwa tidur siang dapat meningkatkan kemampuan kognitif otak, meningkatkan konsentrasi dan menguatkan ingatan. Cukup membutuhkan waktu sekitar 45 menit hingga 2 jam untuk tidur siang, dan itu sangat membantu mengembalikan kesegaran otak yang lelah bekerja.

2. Melepaskan stres

Tidur juga menjadi cara terbaik melepaskan stres ketika tidak ingin melakukan apa pun selama seharian. Tubuh dan otak yang terus menerus menumpuk stres tak akan baik untuk kesehatan mental. Kamu akan merasa jauh lebih baik dan mampu berpikiran positif dan optimis dalam menjalani hidup ketika tidak merasakan stres.

3. Meningkatkan konsentrasi

Jika pekerjaanmu selama puasa Ramadan menuntut konsentrasi yang tinggi, maka tidur siang akan sangat membantu karena ketika tubuh tidak bisa mendapatkan energi dari makanan dan minuman yang membantu menjaga konsentrasi, maka tidur siang mampu membantu menjernihkan pikiran dan membuatmu lebih waspada dan fokus saat mengerjakan sesuatu.

4. Menjaga suasana hati

Menjaga emosi menjadi hal yang sangat penting selama puasa Ramadan, dan kamu bisa menjaganya dengan cara tidur siang selama paling tidak satu jam setiap harinya. Karena stres menurun dan otak telah melepaskan lelah, suasana hati dan emosi pun lebih terkendali, tenang dan bahagia.

5. Mengganti waktu kurang tidur di malam hari

Jika kamu berencana menghabiskan waktu malam hari Ramadan dengan banyak beribadah seperti salat tarawih, membaca Al Qur'an dan rajin sahur, kemungkinan besar waktu tidur malam akan berkurang. Untuk menggantinya, kamu bisa melakukan tidur siang.

Jadi jangan ragu tidur siang selama puasa Ramadan jika memang mengantuk Sahabat Fimela, karena banyak sekali manfaat tidur siang selama bulan Ramadan yang bisa didapatkan.

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading