Sukses

Lifestyle

5 Hal Sederhana yang Bisa Buat Kamu Memiliki Kepribadian yang Lebih Positif

Fimela.com, Jakarta Hidup kita adalah cerminan dari sikap kita. Tanpa disadari, pengkritik terbesar dalam hidup kita tidak lain adalah diri kita sendiri. Terkadang, kita bisa dengan mudah menghakimi diri sendiri saat ekspetasi yang diharapkan tak berjalan sesuai rencana.

Hal inilah yang menjadi penyebab mengapa semakin sulit untuk menjalankan hari-hari yang lebih positif. Sikap negatif tidak hanya menghalangi kamu untuk menikmati hidup sepenuhnya, tetapi juga dapat berdampak signifikan pada lingkungan. Energi yang dibawa seseorang dapat menular ke orang-orang sekitar.

Dalam kata-kata bijak Michael Jackson, "Jika Anda ingin membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik, lihat diri Anda sendiri dan buat perubahan." Oleh karena itu, untuk mendapat kepribadian yang lebih positif, berikut ini 5 hal sederhana yang dapat kamu lakukan, seperti yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mulailah menulis jurnal

Mencurahkan pikiranmu ke atas kertas adalah cara yang baik untuk memahami apa yang sebenarnya kamu rasakan. Jika menulis jurnal panjang adalah hal yang terlalu rumit, maka cobalah dengan menulis hal-hal sederhana terlebih dahulu. Misalnya, tulis apa yang membuatmu bersyukur di hari itu.

Menurut sains, rasa syukur dapat secara signifikan meningkatkan kebahagiaanmu, dan melindungimu dari stres, hal negatif, kecemasan, dan depresi. Saat bersyukur, kita pun jadi lebih menerima diri sendiri dan berhenti membandingkan hidup yang dimiliki oleh orang lain.

2. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang positif

Pembicara terkenal Jim Rohn mengatakan, orang yang paling sering kamu habiskan waktu bersama membentuk caramu berpikir dan berbicara. Kita mungkin berinteraksi dengan banyak orang, tetapi sedikit orang yang paling dekat dengan kita memiliki pengaruh terbesar pada cara berpikir dan keputusan kita.

Oleh karena itu, salah satu bagian dari menjadi orang yang lebih positif adalah menumbuhkan kebiasaan mengelilingi diri dengan orang-orang yang melakukan hal yang sama. Ketika kamu melakukannya, pola pikir mereka akan mulai menular kepada kamu secara default. Jadi carilah orang-orang yang memiliki kualitas yang ingin kamu tiru dan mulailah membangun hubungan dengan mereka.

 

3. Belajar menerima diri sendiri

Saat kamu ditimpa beberapa rintangan di jalan, belajarlah menerima diri sendiri. Jangan sangkal perasaan itu tetapi biarkan dirimu merasakan emosi apapun itu.

Sebab, mencoba meredam stres atau kesedihan bukan hanya tidak membantu, tetapi juga bisa berbahaya. Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health dan University of Rochester menemukan bahwa mereka yang menekan emosi memiliki risiko kematian dini yang lebih tinggi.

4. Kurangi mengeluh

Apakah kamu termasuk orang-orang yang sering mengeluh? kebiasaan ini harus dikurangi, sebab sebuah studi yang dilakukan oleh Sekolah Psikologi Sosial Warasawa menunjukan bahwa mengeluh dapat menyebabkan suasana hati yang lebih rendah dan emosi negatif, penurunan kepuasan hidup dan optimisme, serta defisit emosi dan motivasi.

5. Pertimbangkan meditasi

Untuk mendapatkan pribadi yang lebih positif, pertimbangkanlah meditasi. Dengan hanya memfokuskan segala hal pada diri sendiri, dapat menenangkan pikiran tanpa perlu khawatir dengan apapun.

Menurut studi juga menemukan bahwa meditasi dapat membantu mengatasi stres, kecemasan, dan masalah tidur.

 

*Penulis: Hilda Irach

Saksikan video menarik setelah ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading