Sukses

Lifestyle

Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri

Fimela.com, Jakarta Salah satu kewajiban seorang muslim saat bulan puasa ialah membayar zakat fitrah. Pengertian zakat fitrah adalah zakat yang bertujuan untuk membersihkan harta dan sebagai pelengkap ibadah puasa di bulan Ramadan. Tanpa zakat fitrah, puasa Ramadan kita tidak terlengkapi.

Besar zakat fitrah yang wajib dikeluarkan adalah berupa 2,5 kg beras atau jagung, gandum atau makanan pokok lainnya. Sementara untuk waktunya, zakat fitrah harus dilakukan pada awal atau pertengahan bulan Ramadan, hingga akhir Ramadan, tepatnya sebelum sholat Idul Fitri.

Adapun ketika membayar zakat fitrah, tentu kita perlu membaca niat sebagai syarat sah sebuah ibadah. Berikut bacaan niat zakat fitrah di bulan Ramadan yang dikutip dari laman Dream.co.id

Niat adalah i'tikad tanpa ragu untuk melaksanakan sebuah perbuatan. Sebenarnya niat adalah urusan hati, namun melafalkannya (talaffudh) dianjurkan karena akan membantu seseorang untuk menegaskan niat tersebut.

Bacaan Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri

"Nawaitu An Ukhrija Zakaata Al-fitri ‘an Nafsi Fardhan Lillahi Ta’ala."

Artinya: “ Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri fardhu karena Allah Taala.

Agar tidak lupa, sebaiknya zakat fitrah segera ditunaikan, terlebih pada 10 malam terakhir Ramadan ini karena banyak sekali keutamaan yang akan didapatkan. 

 

#ElevateWomen

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Alternatif Hiburan Saat Kamu tidak Bisa Mudik Lebaran
Artikel Selanjutnya
4 Pilihan Menu Sehat untuk Tingkatkan Imun Tubuh Selama Libur Lebaran