Sukses

Lifestyle

7 Sunnah yang Mendatangkan Pahala Jika Dilakukan sebelum Salat Idul Fitri

Fimela.com, Jakarta Ada banyak hal yang bisa dilakukan demi menyambut Hari raya Idul Fitri atau Lebaran, dan beberapa di antaranya sebenarnya memang disunahkan atau mendatangkan pahala jika dilakukan. Ingin tahu apa saja sekian sunnah yang bisa dilakukan saat lebaran? Cek berikut ini.

1. Berdoa malam sebelum Idul Fitri

Berdoa di malam Idul Fitri sangatlah dianjurkan karena di saat itulah doa akan diijabah. Rasulullah saw bersabda, "Ada lima malam di mana doa tidak akan ditolak, yaitu malam pertama Rajab, malam kelima belas Sya'ban, Kamis malam, malam sebelum Idul Fitri dan malam sebelum Idul Adha".

2. Mandi dan memotong kuku

Di pagi harinya menjelang salat Idul Fitri, pastikan mandi terlebih dahulu. Membersihkan seluruh tubuh itu wajib apalagi sebelum melaksanakan ibadah salat yang hanya bisa dilakukan setahun sekali. Memotong kuku yang panjang juga termasuk membersihkan diri. Bahkan ada niat yang bisa dibaca saat mandi sebelum salat Ied.

3. Makan dan minum

Untuk memastikan tidak lagi puasa Ramadan (dan memang tidak diperbolehkan puasa), disunahkan makan dan minum sebelum salat Idul Fitri. Tak perlu makan dalam porsi besar, secukupnya saja.

4. Berhias dan memakai wewangian

Setelah mandi, pastikan berhias diri. Menghadap Allah SWT dalam kondisi terbaik dengan pakaian yang bagus dan bersih serta memakai wewangian yang menyegarkan. Kamu bisa menyemprotkan ke bagian tubuh atau mukenah.

5. Takbir

Melakukan takbir sebenarnya cukup alami dilakukan bahkan di malam sebelum Idul Fitri. Takbir tak harus dikumandangkan di masjid, cukup di rumah dlakukan secara mandiri atau sendiri-sendiri. Lagipula bacaannya juga tidak sulit. 'Allahu Akbar, Allahu Akbar. La Ilaaha Illallahu Wallahu Akbar, Allahu Akbar wa Lillahil Hamd’

6. Pergi dan pulang salat melalui jalan yang berbeda

Merencanakan perjalanan berangkat ke masjid dan pulang melewati jalan yang berbeda juga akan mendatangkan pahala. Jika melakukannya selama pandemi, pastikan tetap memakai masker dan menjaga jarak selama perjalanan.

7. Memberi selamat kepada sesama muslim

Memberi selamat merayakan Idul Fitri kepada sesama muslim juga menjadi sunnah yang mendatangkan pahala selama Idul Fitri. Jadi sambut meriah dengan saling mengucarkan selamat Idul Fitri kepada sesama muslim.

Itu dia sekian sunnah yang bisa dilakukan sebelum salat Idul Fitri yang ternyata dapat mendatangkan pahala dan kebaikan kepada diri sendiri. Yuk laksanakan semua, Sahabat Fimela!

#ElevateWoman with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Alternatif Hiburan Saat Kamu tidak Bisa Mudik Lebaran
Artikel Selanjutnya
4 Pilihan Menu Sehat untuk Tingkatkan Imun Tubuh Selama Libur Lebaran