Sukses

Lifestyle

Kontroversial, Ternyata Ini Dia yang Dimaksud Bipang Ambawang

Fimela.com, Jakarta Bipang Ambawang sedang menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat Indonesia. Apakah kamu tahu apa itu Bipang Ambawang sebenarnya?

Bipang Ambawang adalah babi panggang khas Kalimantan Barat. Bipang sendiri bisa berupa kue beras dan babi panggang.

Lantas, mengapa kuliner khas ini banyak dibicarakan sekarang? Melalui sebuah potongan video pidato Jokowi yang diunggah lewat akun YouTube Kementerian Perdagangan pada tanggal 5 Mei lalu, Jokowi ikut mempromosikan Bipang Ambawang sebagai oleh-oleh Lebaran, yang bisa dibeli secara daring bagi masyarakat yang dilarang mudik tahun ini.

 

Mengenal Bipang Ambawang

"Sebentar lagi Lebaran, namun karena masih dalam suasana pandemi, pemerintah melarang mudik untuk keselamatan kita bersama. Nah, untuk Bapak/Ibu dan Saudara-Saudara yang rindu kuliner khas daerah atau yang biasanya mudik membawa oleh-oleh, tidak perlu ragu untuk memesannya secara online. Yang rindu makan gudeg Jogja, bandeng Semarang, siomay Bandung, pempek Palembang, Bipang Ambawang dari Kalimantan, dan lain-lainnya, tinggal pesan. Dan makanan kesukaan akan diantar sampai ke rumah," ujar Jokowi.

Selain menuai banyak pro dan kontra, beberapa pengusaha Bipang Ambawang juga mengaku mendapatkan berkah melalui banjir pesanan dari daring. Momen ini bahkan disebut sebagai blessing in disguise atau berkah terselubung.

Menanggapi pro dan kontra yang terjadi, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi meminta maaf karena dianggap kurang pantas mempromosikan makanan non halal pada perayaan Idulfitri. Muhammad Lutfi juga meminta masyarakat untuk melihat pernyataan Jokowi tersebut secara luas, mengingat bahwa Indonesia terdiri dari beragam suku, budaya, dan agama.

Saksikan video menarik setelah ini

#Elevate Women

Loading
Artikel Selanjutnya
Sekolah Tatap Muka Terbatas Harus Dicoba, Jokowi Perjelas Aturannya
Artikel Selanjutnya
Jokowi Kenakan Pakaian Adat Tanah Bumbu di Upacara Virtual Hari Pancasila