Sukses

Lifestyle

5 Cara Mengolah Sisa Makanan Lebaran jadi Masakan Lezat

Fimela.com, Jakarta Banyaknya masakan saat lebaran membuat banyak pula sisa makanan, daripada membiarkan berhari-hari dan tak termakan, lebih baik diolah menjadi masakan lainnya yang tentu lebih menggungah selera. Mau tahu seperti apa cara mengolahnya? Langsung saja simak ulasan berikut ini.

1. Abon Sapi

Saat lebaran pasti banyak sekali olahan dari daging sapi, entah rendang, gulai, dendeng dan sebagainya. Jika olahan dari daging sapi tersebut masih banyak, Sahabat Fimela bisa mengolahnya menjadi abon sapi kering. Jadi sisihkan terlebih dahulu daging sapi kemudian bersihkan, lalu masak daging sapi dengan lengkuas dan serai, kemudian tiriskan airnya. Setelah itu haluskan daging sapi menggunakan ulegan atau disuir-suir sesuai selera, siapkan bumbu abon, dan goreng daging yang sudah dihaluskan dengan bumbu. Setelah matang hilangkan minyaknya. Simpan abon sapi pada wadah kedap udara.

2. Nasi Goreng Rendang

Jika masih punya persediaan masakan dari daging atau rendang, terlebih dahulu sisihkan daging dari bumbunya, kemudian potong-potong sesuai selera. Kemudian siapkan bumbu nasi goreng pada umumnya dan siapkan nasi. Buat nasi goreng seperti biasa dan tambahkan daging yang sudah dipotong sebagau topping. Hidangkan nasi goreng rendang dengan kerupuk agar semakin lezat.

3. Ayam Bakar

Opor adalah salah satu makanan wajib saat lebaran, jadi jika banyak daging ayam yang tersisa, itu bisa diolah menjadi ayam bakar yang lezar. Pertama sisihkan ayam dari kuah opor, kemudian siapkan bumbu oles ayam bakar dan siapkan pemanggang. Setelah itu, bakar ayam dan jangan lupa olesi dengan kecap dan bumbu yang sudah dibuat. Ayam bakar pun siap dinikmati.

4. Pastel Isi Ayam

Selain bisa dijadikan nasi goreng dan abon, opor ayam yang tersisa juga bisa dijadikan isian pastel. Pertama, pisahkan ayam dari kuahnya, lalu suir-suir daing ayam, kemudian siapkan bumbu isian pastel, dan goreng ayam yang sudah suir-suir dengan bumbu yang sudah dibuat. Selanjutnya buat kulit pastel, isi dengan ayam yang sudah dibumbui, kemudian goreng pastel hingga matang.

5. Perkedel Kentang

Biasanya hidangan sambal kentang hati adalah sajian yang paling sering ditemui saat lebaran, daripada membiarkannya tersisa dan tak termakan sebaiknya diolah menjadi perkedek. Untuk menguatkan cita rasanya, terlebih dahulu goreng sebentar sambal kentang hati, kemudian haluksan, tambahkan daun bawang/seledri, setelah itu tambahkan dua butir telur. Selanjutnya bentuk adonan sesuai selera, lalu goreng hingga matang.

Selain masakan diatas, sisa makanan lebaran juga bisa diolah menjadi sate, risoles, sambal daging kering, dan sebagainya. Semoga ulasan di atas bermanfaat. 

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading