Sukses

Lifestyle

5 Cara Menyembuhkan Migrain tanpa Obat

Fimela.com, Jakarta Biasanya saat mengalami sakit kepala, seperti migrain orang akan langsung meminum obat pereda nyeri atau obat lainnya. Padahal, mengonsumsi obat-obatan terlalu sering bisa menimbulkan efek samping lainnya dan bahkan ketagihan. Jadi, ini adalah beberapa cara meredakan sakit kepala seperti migrain tanpa menggunakan obat.

1. Gunakan Air Dingin atau Es

Jika mengalami migrain, letakkan kompres dingin di bagian dahi. Es batu yang dibungkus handuk, sekantong sayuran beku, atau bahkan mandi air dingin dapat meredakan rasa sakit. Biarkan kompres di kepala selama 15 menit, lalu istirahat selama 15 menit.

2. Gunakan Bantalan Pemanas atau Kompres Panas

Jika mengalami sakit kepala tegang, letakkan bantal pemanas di leher atau bagian belakang kepala. Jika smengalami sakit kepala sinus, tempelkan kain hangat ke area yang sakit. Mandi air hangat juga bisa membantu.

3. Mengurangi Tekanan pada Kulit Kepala

Jika kuncir rambut terlalu kencang, bisa menyebabkan sakit kepala. Sakit kepala akibat kompresi eksternal ini juga bisa disebabkan oleh penggunaan topi, ikat kepala, atau bahkan kacamata renang yang terlalu ketat. Jadi menghindarkannya bisa membantu penyembuhan lebih cepat.

4. Meredupkan Pencahayaan

Cahaya terang atau berkedip-kedip, bahkan dari layar komputer dapat menyebabkan sakit kepala migrain. Jika rentan terhadapnya, tutupi jendela dengan tirai anti tembus pandang di siang hari. Kenakan kacamata hitam di luar ruangan. Dirimu juga dapat menambahkan layar anti-silau ke komputer.

5. Cobalah untuk Tidak Mengunyah

Mengunyah permen karet tidak hanya melukai rahang tetapi juga kepala. Hal yang sama berlaku untuk mengunyah kuku, bibir, bagian dalam pipi, atau benda lainnya. Hindari makanan yang renyah dan lengket, dan pastikan memakannya sedikit. Jika menggemeretakkan gigi di malam hari, tanyakan kepada dokter gigi tentang pelindung mulut. Ini dapat meredakan sakit kepala di pagi hari.

Beberapa cara lain yang bisa digunakan untuk meredakan sakit kepala di antaranya, seperti banyak minum air putih, meminum minuman berkafein, meletakkan kepala lebih rendah dari badan dan melakukan pemijatan di bagian tertentu.

#ElevateWomen

PLAYLIST VIDEO 22 JUNI 2021
Loading