Sukses

Lifestyle

9 Tips Kencan Bagi Perempuan Lajang di Usia 30an

Fimela.com, Jakarta Jika dirimu berpikir bahwa dirimu akhirnya berhasil melakukan permainan kencan di usia 20an, begitu dirimu mencapai usia 30, segalanya mungkin akan terasa sangat membuat frustrasi dan kewalahan. Sebenarnya, berkencan di usia 30an sangat berbeda dengan berkencan di usia 20an. Sahabat Fimela mungkin patah hati dan mengembangkan beberapa masalah kepercayaan, misalnya, atau dirimu bisa lebih mengabdikan diri pada karier yang menghabiskan sebagian besar waktumu. Dirimu juga kemungkinan memiliki lebih sedikit teman single, jadi ada lebih banyak tekanan untuk berpasangan.

Jika dirimu baru saja melajang atau baru saja menginjak usia 30 dan mulai memperhatikan bagaimana berkencan di usia 30an, berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin dapat membantumu bertahan, berkembang dan hingga melakukan kencan di usia 30an.

1. Usia Hanyalah Angka

Apakah usia itu penting? Tidak terlalu banyak. Jangan terlalu cepat mencela orang karena mereka terlalu tua atau terlalu muda untukmu. Hubungan berhasil karena dua orang sedang jatuh cinta, saling mendukung, dan bersenang-senang bersama, bukan karena seberapa jauh usia mereka. Ketika dua orang benar-benar pergi berkencan, perbedaan usia mungkin tidak sepenting pertimbangan lain, seperti ketertarikan fisik dan kepribadian yang serasi.

2. Ketahui Apa yang Dirimu Inginkan

Di usia pertengahan 20an, dirimu mungkin menginginkan pasangan yang mengendarai mobil bagus dan mampu membawamu ke restoran mewah. Meskipun hal-hal itu bagus, begitu dirimu berusia 30an, dirimu mungkin menginginkan pasangan yang tepat.

Jika dirimu tidak pernah benar-benar memikirkan tentang apa yang dirimu inginkan dari seorang pasangan, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mencari tahu sehingga dirimu dapat menemukan pasangan yang tepat. Tuliskan nama beberapa orang terakhir yang dirimu kencani. Di samping setiap nama, buat daftar lima hal teratas yang dirimu sukai dari mereka dan lima hal teratas yang tidak dirimu sukai dari mereka. Dirimu mungkin akan melihat bahwa ada deskriptor umum di daftar tersebut.

3. Lepaskan Masa Lalu

Banyak orang yang masih lajang di usia 30an pernah mengalami beberapa bentuk patah hati, entah itu ghosting, selingkuh, atau putus cinta. Tapi inilah waktunya untuk meninggalkan masa lalu. Kencan ketiga bukanlah waktu yang tepat untuk membahas bagaimana mantanmu selingkuh. Lepaskan masa lalu, kita semua memiliki masa lalu, ini tidak berarti dirimu harus menarik dan memakainya. Ya, masa lalu telah membentuk karaktermu, tetapi itu bukan masa kini atau masa depanmu. Alih-alih, fokuslah pada apa yang terjadi sekarang dan lihat ke mana dirimu akan pergi selanjutnya.

4. Jangan Terlalu Menutup Diri

Saat dirimu berada dalam banyak hubungan yang tidak berhasil, mekanisme pertahanan alami adalah dengan berjaga-jaga. Jika dirimu tidak membiarkan siapa pun masuk, dirimu tidak akan terluka, bukan? Namun, jika dirimu tidak mengizinkan siapa pun masuk, dirimu mungkin tidak akan menemukan orang yang tepat. Rentan, jika ini membuatmu merasa cemas, katakan pada diri sendiri bahwa semuanya akan baik-baik saja.

Selain meningkatkan hubungan dengan pasangan, menjadi rentan dalam suatu hubungan juga dapat meningkatkan harga diri, mengajarimu untuk tidak terlalu bergantung pada pendapat orang lain dan meningkatkan rasa aman batinmu.

5. Jangan Mudah Menyerah

Saat berusia 30an, jauh lebih mudah menjadi letih dan getir, begitu banyak hubungan yang tidak berhasil sehingga dirimu mungkin mulai berpikir itu tidak akan pernah terjadi. Namun, penting untuk tidak membiarkan pemikiran negatif ini menguasaimu. Jika menurutmu hal itu tidak akan pernah terjadi, maka tidak akan pernah dirimu harus bersikap positif. Saat dirimu bertemu orang baru, beri mereka kesempatan yang adil.

6. Fokus Bersenang-senang

Saat Anda berusia 30an, dirimu akan mudah terjebak dalam memikirkan hal-hal yang belum dirimu miliki. Dirimu belum pernah bertemu dengan seseorang, belum menikah, dan tidak punya anak. Berfokuslah untuk bersenang-senang dan mengenal orang banyak. Apa gunanya menjalin hubungan pada usia berapa pun jika dirimu tidak bersenang-senang?

7. Komunikasi Menjadi Kuncinya

Komunikasi yang baik sangat penting untuk hubungan apa pun. Saat dirimu berkencan di usia 30an, dirimu harus bisa berbicara dengan seseorang yang dekat dengamu secara terbuka dan jujur. Demikian pula, mereka harus bisa berbicara denganmu secara terus terang. Bicarakan dengan dewasa, jJika dirimu tidak berkomunikasi sejak awal dalam hubungan, dirimu mungkin tidak akan menjadi lebih baik dalam hal ini seiring berjalannya waktu.

8. Percaya Instingmu

Jika dirimu memiliki naluri naluri tentang seseorang, percayalah. Dengarkan intuisimu. Jika ada yang memberi tahumu bahwa mereka tidak benar, maka mungkin saja tidak.

9. Jadi Diri Sendiri

Jangan berpura-pura menjadi seseorang yang bukan dirimu atau melepaskan hal-hal mendasar yang membentuk dirimu. Kehilangan diri dalam suatu hubungan dapat menciptakan kecemasan, kebencian, dan bahkan keputusasaan, yang dapat menyebabkan dirimu memberontak atau mengekspresikan diri dengan cara yang berlebihan atau ekstrim yang dapat mengancam hubungan tersebut.

Tidak ada yang harus puas dengan pasangan yang hanya mereka sukai. Hubungan tidak akan sehat, juga tidak akan bertahan lama. Namun, dirimu juga tidak harus menunggu kesempurnaan. Tidak ada yang sempurna, jadi bersiaplah untuk berkompromi.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading