Sukses

Lifestyle

Sesama Perempuan Sebaiknya Saling Dukung, Bukan Saling Kritik Menghakimi

Fimela.com, Jakarta Hidup sebagai seorang perempuan tidak selalu mudah. Tekanan dan tuntutan yang kita peroleh seiring berjalannya waktu tidak semakin ringan. Bahkan segalanya bisa semakin berat, belum lagi ditambah dengan kritikan pedas dan jahat dari sesama perempuan, sungguh makin menderita rasanya menjalani hidup ini.

Sesama perempuan memang sebaiknya saling mendukung. Bukan saling mencibir atau malah menyebarkan aib perempuan lain. Bila kamu pernah merasa stres dan tertekan dengan kritikan jahat dari sesama perempuan, semoga kamu bisa memaafkannya. Memang tidak mudah memaafkan orang yang sudah mencibir dan mengkritikmu dengan jahat, tapi kalau kita memahami alasannya di balik sikapnya itu, kita mungkin bisa sedikit berempati.

Alasan Ada Perempuan yang Mengkritik Sesama Perempuan

Melansir buku Ada Serigala Betina dalam Diri Setiap Perempuan, perempuan yang mengkritik sesama perempuan sebenarnya adalah perempuan yang merasa "terancam", merasa tidak aman, dan tidak nyaman dengan dirinya sendiri. Dijelaskan lebih lanjut bahwa apa pun penyebabnya (pengalaman masa lalu, konstruksi masyarakat, pola asuh, dan sebagainya), perempuan-perempuan ini belum terbebas dari kompleks-kompleks. Jadi, ketika ada perempuan yang mengkritikmu dengan jahat, yang sebenarnya terjadi bisa saja adalah karena dirinya sendiri sedang punya masalah dengan kehidupannya sendiri.

Perempuan yang "hobinya" mengkritik dan menghakimi perempuan lain sebenarnya sedang bermasalah. Dia butuh pelampiasan untuk bisa meningkatkan harga dirinya. Karena dirinya sendiri belum bisa menerima semua aspek hidupnya dengan utuh dan belum sempurna dalam mencintai dirinya sendiri.

Semoga kita tidak menjadi perempuan yang malah menjatuhkan kehidupan perempuan lain, ya. Saatnya kita saling mendukung dan saling menguatkan satu sama lain. Bukan malah menghakimi atau menyudutkan kehidupan perempuan lain. 

 

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading