Sukses

Lifestyle

10 Fungsi Presentasi Video dan Aplikasi yang Digunakan

Fimela.com, Jakarta Di era digital ini, ada banyak sekali fitur aplikasi yang bisa digunakan, baik untuk pekerjaan, pembelajaran atau hanya sekedar untuk hiburan saja.

Salah satu fitur aplikasi yang digunakan di era digital ini adalah presentasi video. Presentasi adalah sebuah kegiatan yang sering dilakukan dalam dunia pekerjaan maupun pembelajaran, untuk menyampaikan sebuah gagasan, ide atau materi dengan maksud tertentu.

Tetapi karena dunia digital semakin berkembang dan karena adanya pandemi, sehingga presentasi bisa dilakukan dengan presentasi video, yang bisa diakses melalui jejaring internet. Sama dengan fungsi presentasi biasanya yang dilakukan secara tatap muka, fungsi presentasi video adalah membagikan informasi dalam dunia pekerjaan atau pembelajaran, bahkan bisa digunakan sebagai hiburan, memotivasi atau mempromosikan sesuatu.

Fungsi presentasi video yang utama adalah menyampaikan sebuah informasi secara audio visual, yang tidak hanya dipresentasikan dengan teks atau gambar saja, tetapi dalam presentasi tersebut juga menampilkan seseorang yang mempresentasikan materi tersebut.

Maka secara umum, presentasi video adalah metode penyampaikan dengan menggabungkan gambar, suara, efek, dan teks menjadi satu kesatuan dengan aplikasi video editing, untuk memudahkan orang lain memahami isi materi yang disampaikan.

Untuk mengetahui dan memahami lebih lanjut tentang presentasi video, berikut fungsi presentasi video dan aplikasi yang digunakan, dilansir dari Liputan6.com:

Pengertian Presentasi Menurut Ahli

Erwin Sutomo (2007:1)

Pengertian presentasi yang pertama, yaitu presentasi menurut pendapat Erwin Sutomo. Beliau berpendapat, presentasi adalah kegiatan akfit yang dilakukan, yang mana seorang pembicara menyampaikan dan mengomunikasikan ide serta informasi kepada sekelompok audiens.

Titik Triwidodo dan Djoko Kristanto (2004:157)

Pengertian presentasi yang selanjutnya adalah menurut pendapat dari Titik Triwidodo. Beliau berpendapat, bahwa presentasi adalah suatu bentuk laporan lisan, mengenai sebuah fakta tertentu kepada komunikan.

Terra C. Triwahyuni dan Abdul Kadir (2004:1)

Pengertian presentasi yang selanjutnya yaitu menurut Terra C. Triwahyuni. Menurut Beliau, presentasi merupakan sebuah kegiatan yang penting dalam mengomunikasikan sebuah gagasan kepada orang lain, dengan berbagai tujuan seperti menarik audiensi agar membeli produk, menggunakan jasa, atau untuk kepentingan orang lain.

Djoko Purwanto (2003:247)

Sedangkan Djoko Purwanto juga ikut berpendapat, bahwa presentasi adalah memiliki empat tujuan pokok, yaitu menginformasikan pesan-pesan bisnis kepada audiens, menghibur audiens, menyentuh emosi audiens, serta memotivasi audiens untuk bertindak sesuatu.

Perbedaan Presentasi Biasa dengan Presentasi Video

Secara umum, presentasi adalah membagikan sebuah informasi atau materi, yang bisa dilakukan dalam berbagai macam cara. Presentasi yang biasanya dilakukan adalah menggunakan teks dan gambar ilustrasi, yang dipresentasikan secara langsung oleh pembicara kepada audience.

Sedangkan presentasi video adalah presentasi yang dilakukan dengan pengembangan gagasan, ide, rencana dan informasi dalam bentuk audio visual, yang direpresentasikan dengan gambar gerak, suara dan efek.

Kedua presentasi ini memiliki tujuan saja, yaitu memberi informasi, mengemukakan pendapat, menghiburm dan lain-lain. Hanya saja presentasi video dikemas dengan bentuk video yang memudahkan orang lain memahami isi dari presentasi tersebut

Fungsi Presentasi Video

Setelah mengetahui tentang pengertian presentasi video dan perbedaan dengan presentasi yang biasanya, maka presentasi video ini memiliki fungsi khusus. Berikut fungsi presentasi video:

  1. Untuk menyampaikan informasi yang biasa, penting dan rahasia.
  2. Dapat memengaruhi audiens atau pendengar dengan suatu gagasan audio-visual.
  3. Digunakan untuk memotivasi dan menginspirasi audiens, agar tujuan presentasinya mudah untuk dipahami.
  4. Berfungsi untuk membuat pendengar bisa mencetuskan ide atau gagasan baru, sesuai dengan apa yang dinginkan orang yang presentasi.
  5. Digunakan untuk mengenalkan sesuatu, seperti diri, organisasi, perusahaan dan lain sebagainya.
  6. Fungsi lainnya bisa digunakan untuk promosi suatu produk, yang bisa memikat dan menarik bagi audiens.
  7. Dapat memberikan materi pembelajaran, yang mudah dipahami pendengar atau audiens.
  8. Digunakan untuk menyampaikan sebuah berita dalam bentuk fakta yang faktual.
  9. Untuk menuturkan sebuah cerita, agar lebih lebih sederhana dan mudah dipahami audiens.
  10. Fungsi terakhir yaitu untuk menyampaikan permasalahan, solusi dan cara kerja.

Aplikasi yang Digunakan untuk Presentasi Video

Power Director

Aplikasi pertama yang bisa digunakan untuk membuat presentasi video adalah Power Director. Aplikasi ini memiliki berbagai macam fitur, terutama bisa mengganti layar hijau dengan background lain. Bahkan aplikasi Power Director bisa mengunggah hasil editan ke Google Drive dengan mudah.

Kinemaster

Aplikasi yang selanjutnya adalah kinemaster, yang memiliki banyak fitur canggih. Aplikasi ini bisa digunakan di smartphone, dengan fitur layer yang banyak sehingga editannya terlihat seperti profesional.

Viva Video

Aplikasi lainnya adalah viva video. Aplikasi ini mudah untuk digunakan, karena memiliki fitur potong memotong dengan ragam transisi, daftar musik atau backsound dan juga efek yang bisa ditambahkan pada video kamu

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading