Sukses

Lifestyle

Tinggi Gizi, Ini 7 Manfaat Makan Sayur Kangkung untuk Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Kangkung mungkin menjadi salah satu sayuran yang paling mudah didapat di pasar dan hampir selalu dijual dengan harga relatif murah. Meski jadi sayur yang murah, namun manfaat dan gizinya untuk kesehatan tidak "murahan" lho. Ini sekian manfaat kesehatan yang bisa kamu dapat jika makan sayur kangkung.

1. Menurunkan kolesterol

Kangkung secara alami mengandung serat tinggi sehingga bisa menurunkan kadar kolesterol dan triglikosida jika dikonsumsi secara berkala. Jadi sangat tepat dikonsumsi setelah makan makanan tinggi kolesterol.

2. Mengatasi penyakit kuning liver

Tidak banyak yang tahu bahwa kangkung mampu pengobatan penyakit kuning dan masalah hati. Penelitian membuktikan bahwa kandungan antioksidan kangkung mampu memberikan perlindungan terhadap kerusakan hati akibat bahan kimia karena modulasi enzim detoksifikasinya.

3. Mengatasi anemia

Tinggi kandungan zat besi, kangkung juga mampu mengatasi kekurangan zat besi pada perempuan selama menstruasi, hamil maupun melahirkan yang membutuhkan mineral ini lebih banyak di dalam tubuhnya.

4. Mengatasi sembelit

Karena tinggi serat, kangkung juga efektif mengatasi masalah susah buang air besar atau sembelit. Dengan cukup minum air putih, kangkung akan membantu melancarakan pencernaan sekaligus membersihkan usus.

5. Mencegah penyakit jantung

Karena mampu mengurangi kolesterol di dalam tubuh, secara alami kangkung juga mampu menjaga kesehatan jantung dengan menjaga aliran darah yang sehat di dalam tubuh. Antioksidan seperti vitamin A dan C pada kangkung efektif dalam mencegah kolesterol teroksidasi dan menempel pada dinding pembuluh darah.

6. Anti diabetes

Karena sangat rendah gula, secara alami kangkung aman dikonsumsi penderita diabetes sekaligus sangat baik dalam menjaga kadar gula darah di dalam tubuh sehingga dapat mencegah diabetes.

7. Mencegah kanker

Karena mengandung banyak antioksidan (paling tidak 13 jenis antioksidan), sayur kangkung juga mampu menjaga kesehatan sel-sel tubuh sehingga tidak terpengaruh oleh radikal bebas dan mengalami pertumbuhan abnormal.

Jadi, jangan ragu mengonsumsi kangkung di rumah untuk kesehatan diri sendiri dan keluarga ya, Sahabat Fimela.

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading