Sukses

Lifestyle

Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Menjaga Kesehatan Hati

Fimela.com, Jakarta Salah satu organ tubuh terpenting dalam tubuh manusia adalah hati. Hati berfungsi untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, menghasilkan protein dan membantu dalam proses pencernaan, beberapa manfaat inilah yang membuat organ ini harus dijaga dengan baik. Untuk menjaga kesehatan hati, berikut ini adalah beberapa bahan makanan yang dapat dikonsumsi.

1. Kopi

Kopi adalah salah satu minuman terbaik yang dapat diminum untuk meningkatkan kesehatan hati. Penelitian telah menunjukkan bahwa minum kopi melindungi hati dari penyakit, bahkan pada mereka yang sudah bermasalah dengan organ ini. Antioksidan pada kopi membantu menurunkan risiko sirosis, atau kerusakan hati permanen, pada orang dengan penyakit hati kronis. Minum kopi juga dapat membantu mengurangi risiko pengembangan jenis kanker hati yang umum dan masalah pembengkakan.

2. Teh

Teh secara luas dianggap bermanfaat bagi kesehatan, tetapi bukti menunjukkan bahwa teh mungkin memiliki manfaat khusus untuk hati. Satu penelitian di Jepang menemukan bahwa minum 10 cangkir teh hijau per hari dikaitkan dengan peningkatan penanda darah kesehatan hati. Sebuah studi jga menemukan bahwa minum teh hijau yang tinggi antioksidan selama 12 minggu meningkatkan kadar enzim hati dan juga dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan timbunan lemak di hati.

3. Blueberry dan Cranberry

Blueberry dan cranberry sama-sama mengandung antosianin, antioksidan yang memberi warna khas pada beri. Mengkonsumsi buah-buahan ini selama 21 hari melindungi hati dari kerusakan. Selain itu, blueberry membantu meningkatkan respons sel kekebalan dan enzim antioksidan. Eksperimen lain menemukan bahwa jenis antioksidan yang biasa ditemukan dalam blueberry memperlambat perkembangan lesi, fibrosi dan perkembangan jaringan parut.

4. Jeruk bali

Jeruk bali mengandung antioksidan yang secara alami melindungi hati. Dua antioksidan utama yang ditemukan dalam jeruk bali adalah naringenin dan naringin. Efek perlindungan jeruk bali diketahui terjadi dalam dua cara dengan membantu mengurangi peradangan dan melindungi sel. Penelitian juga menunjukkan bahwa antioksidan ini dapat membantu mengurangi perkembangan fibrosis hati, suatu kondisi berbahaya di mana jaringan ikat yang berlebihan menumpuk di hati.

5. Anggur

Anggur, terutama anggur merah dan ungu, mengandung berbagai senyawa tumbuhan yang bermanfaat. Yang paling terkenal adalah resveratrol, yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan.  Studi telah menemukan bahwa mereka dapat memiliki berbagai manfaat, termasuk menurunkan peradangan, mencegah kerusakan, dan meningkatkan kadar antioksidan. Sebuah penelitian kecil pada manusia dengan NAFLD menunjukkan bahwa melengkapi dengan ekstrak biji anggur selama 3 bulan membantu meningkatkan fungsi hati.

Walaupun beberapa bahan makanan di atas berfungsi untuk kesehatan hati, namun jangan sampai dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan karena bisa menimbulkan efek samping, misalnya seperti kopi dan teh yang mengandung kafein yang dapat meningkatkan asam lambung, menyebabkan pusing atau insomnia.

#ElevateWomen

PLAYLIST VIDEO 21 JUNI 2021
Loading