Sukses

Lifestyle

5 Alasan Harus Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan ialah membandingkan diri dengan orang lain. Ini mungkin terasa wajar dan normal, akan tetapi tanpa disadari ini merupakan bentuk kebiasaan beracun yang bisa merusak mental, karena bisa membuat stres dan frustrasi, sehingga harus dihentikan sebab membandingkan diri hanya akan menuai kesia-siaan. Dan inilah alasan mengapa dirimu tidak boleh membandingkan diri dengan orang lain.

1. Menghilangkan kegembiraan

Membandingkan diri Anda dengan orang lain hanya membuat hidup menjadi sulit dan membawa ke dalam kesengsaraan dan penderitaan. Sebaliknya, coba gunakan orang lain sebagai motivasi untuk bekerja lebih keras dan berbuat lebih baik.

2. Menghentikan kemajuan

Jika dirimu menghabiskan hari-hari dengan membandingkan diri dengan pencapaian orang lain, dirimu tidak akan pernah mendapatkan apa pun. Dirimu harus menginvestasikan semua energi ke arah yang positif untuk mengejar impian dan tujuan. Jangan buang waktu berharga untuk memikirkan orang lain.

3. Tidak ada yang memiliki kehidupan yang sempurna

Meskipun dirimu mungkin berpikir bahwa banyak orang menjalani kehidupan yang luar biasa tanpa sisi buruk, ketahuilah bahwa ini tidak benar. Setiap orang di dunia ini mengalami masalah dan tantangan sepanjang hidup mereka. Tidak ada yang bisa dikecualikan dari ini. Beberapa orang mungkin terlihat baik-baik saja karena lebih pandai menyembunyikan. Jadi jika dirimu suatu saat membandingkan diri dengan teman atau tetangga, ingatlah bahwa dirimu mungkin tidak mengetahui setiap detail tentang kehidupan mereka.

4. Akan selalu ada orang yang lebih baik dari kita

Ini adalah fakta dan semakin cepat dirimu menerimanya, dirimu akan semakin bahagia. Sebab, dirimu tidak bisa selalu menang dan unggul dalam hidup. Akan selalu saja ada, atau mungkin momen tertentu di mana seseorang akan bisa lebih baik dalam sesuatu yang dikejar. Jadi, yang harus dilakukan ialah berusaha dan mencoba yang terbaik. Dan setiap tujuan pasti akan bisa diraih pada waktu yang tepat.

5. Dirimu tidak akan bisa menjadi orang lain

Dirimu tidak akan pernah menjadi orang lain. Dan meskipun mungkin sulit dipercaya bagi sebagia ini sebenarnya hal yang baik. Untuk menjelaskan alasannya, inilah kutipan dari penulis Jen Sincero: “Tidak akan pernah ada orang persis sepertimu. Dirimu diberi hadiah dan bakat khusus untuk dibagikan kepada dunia, dan meskipun setiap orang memiliki bakat khusus, tidak ada yang akan menggunakan milik mereka sama sepertimu.”

Tidak hanya alasan di atas, dirimu juga harus berhenti membandingkan diri karena bisa membuat insecure, membuat kita tidak bersukur dengan hidup kita, jadi tidak menghargai diri sendiri, menghambat tujuan dan hidup tak akan tenteram.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading