Sukses

Lifestyle

Hal yang Rentan Menjadi Masalah jika Tidak Dibicarakan sebelum Pernikahan

Fimela.com, Jakarta Sebelum menikah, penting sekali untuk memetakan diskusi mengenai beberapa hal pokok dalam pernikahan. Karena hubungan pacaran itu sangat berbeda sekali dengan pernikahan, dan masalahnya pun akan semakin kompleks. Dan jika tidak dibicarakan dari awal, hal ini mungkin akan rentan menjadi masalah. Dan inilah beberapa hal yang sebaiknya dibicarakan sebelum memutuskan untuk menikah.

1. Memiliki dan membesarkan anak

Penting untuk mendiskusikan posisi masing-masing tentang masalah yang akan muncul begitu mulai mencoba memiliki anak dan kapan itu akan berlangsung. Atau apakah terbuka untuk mengadopsi jika perlu. Dan begitu memiliki anak, bagaimana mereka harus didisiplinkan jika tidak taat, bagaimana tentang pendidikan mereka dan sebagainya. Hal ini rentan memicu pertengkaran jika tidak dibicarakan sejak awal.

2. Keuangan

Salah satu hal terbesar yang diperdebatkan pasangan menikah, dan salah satu sumber stres dan ketegangan yang paling umum, adalah keuangan. Putuskan apakah dirimu dan pasangan akan menyimpan uang secara bersama atau dengan akun terpisah, bagaimana jika ada pasangan yang memiliki hutang, siapa yang ditugaskan mengelola keuangan, berapa uang yang dibutuhkan uang kebutuhan rumah tangga, atau apakah boleh memberikan uang kepada orangtua setelah menikah. Masalah ini harus benar-benar diselesaikan sebelum menikah jika tak ingin ada masalah di kemudian hari.

3. Karier

Bahkan dalam hubungan yang sudah berjalan lama, ini bisa menjadi pemicu pertengkaran dalam hubungan bahkan perceraian. Jadi bicarakan dengan pasangan, apakah selanjutnya setelah menimah akan tetap fokus pada karier atau membuat usaha, bagaimana mengatur waktu antara pekerjaan dan rumah tangga, apakah ada hal-hal yang ingin dikerjar setelah menikah. Ini juga adalah bahasan yang tak kalah penting dengan masalah keuangan.

4. Bagaimana mengatasi pertengkaran

Argumen tidak bisa dihindari dalam hubungan dan cara pasangan menanganinya yang menentukan apakah mereka akan berhasil atau tidak. Pastikan dirimu dan pasangan memahami cara satu sama lain dalam mengelola konflik. Sehingga, habiskanlah lebih banyak waktu untuk mengenal pasangan sebelum menikah, sebab jika terburu-buru melakukan pernikahan, seseorang mungkin tak akan sempat untuk melakukan perkenalan lagi.

5. Nilai dalam kehidupan

Nilai-nilai yang berkaitan denga moral atau agama memainkan peran yang lebih besar dalam pernikahan daripada yang diharapkan beberapa pasangan. Tanpa disadari juga ini banyak memicu pertengkaran dalam rumah tangga, ini tidak hanya tentang bagaiman melihat sesuatu. Akan tetapi lebih dari itu, nilai-nilai ini juga natinya akan memengaruhi tentang apa yang akan ditanamkan pada anak-anak.

Hal-hal lainnya yang sebaiknya juga dibicarakan sebelum menikah antara lain, memilih tempat tinggal, kebutuhan seksual, kebutuhan rumah tangga, me time bagi masing-masing pasangan, dan hubungan dengan masing-masing keluarga. Semoga ulasan di atas bermanfaat.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading