Sukses

Lifestyle

7 Tips Membuat Perencanaan Pesta Pernikahan Bersama Pasangan

Fimela.com, Jakarta Pernikahanmu kemungkinan akan menjadi pesta terbesar yang pernah diadakan dan mencari tahu bagaimana merencanakan pernikahan bisa terasa sangat menakutkan pada awalny, terutama jika dirimu merencanakan pernikahan di tengah pandemi COVID-19. Tetapi apakah dirimu menginginkan pernikahan kecil, sederhana atau mewah, langkah-langkahnya tetap sama. Tetapkan anggaran temukan inspirasi, mulai daftar tamu dan lainnya.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Sahabat Fimela dalam merencanakan pernikahan bersama dengan pasanganmu.

1. Tetapkan Anggaran Pernikahan

Sangat penting bahwa pengaturan anggaran menjadi langkah pertama dalam merencanakan pernikahan. Ini mungkin bukan bagian yang paling menyenangkan dari prosesnya, tetapi ini adalah tugas yang benar-benar harus diselesaikan terlebih dahulu karena ini akan menggerakkan sisa proses perencanaan pernikahan.

2. Dapatkan Inspirasi

Salah satu bagian paling menyenangkan dari merencanakan pernikahan selangkah demi selangkah adalah mengumpulkan inspirasi. Pikirkan tentang bagaimana dirimu ingin pernikahanmu berjalan dengan lancar. Apakah dirimu menginginkan suasana super klasik dan formal? Atau mungkin gaya pernikahan yang lebih santai? Pilihan ada di tanganmu, tetapi ada baiknya untuk mulai membaca  dan melihat tren pernikaha terbaru untuk mempertimbangkan dekorasi dan lainnya dalam pernikahanmu.

3. Buat Daftar Tamu

Meskipun dirimu tidak harus memiliki daftar tamu terakhir sampai beberapa saat kemudian, ketika memikirkan tentang bagaimana merencanakan pernikahan selangkah demi selangkah, membuat perkiraan jumlah tamu sejak dini adalah penting. Ada perbedaan besar antara pernikahan 50 orang dan pernikahan 300 orang, terutama dalam hal pilihan tempat. Jadi sebelum mulai menjelajahi tempat pernikahan, dapatkan gambaran tentang berapa banyak tamu yang akan dirimu terima.

4. Pilih Tempat

Sekarang setelah dirimu memiliki anggaran, perkiraan jumlah tamu, dan beberapa kemungkinan tanggal pernikahan, dirimu memiliki semua informasi yang diperlukan untuk memesan tempat pernikahan. Baca ulasan online tentang tempat pernikahan di dekatmu, kunjungi secara langsung, dan ajak dengan pasanganmu untuk menemukan lokasi pernikahan impianmu. Setelah benar-benar membaca kontrak tempat upacara dan resepsi serta menandatanganinya, dirimu telah secara resmi menetapkan tanggal untuk pernikahanmu.

5. Selesaikan Daftar Tamu

Jika dirimu belum melakukannya, saatnya membuat daftar tamu pernikahan terakhir. Ingatlah bahwa jika orang tuamu berkontribusi secara finansial untuk hari besarku, mereka akan menentukan siapa yang diundang. Pastikan untuk mengingat kapasitas tempat juga, dan jangan mengundang lebih banyak orang daripada yang dapat ditangani oleh ruang. Meskipun dirimu mungkin akan menerima penyesalan dari beberapa tamu, dirimu tidak ingin mengambil risiko.

6. Sebarkan Undangan

Undangan pernikahan biasanya dikirim enam hingga delapan minggu sebelum hari besar. Mengirim undangan tepat waktu adalah salah satu langkah paling penting untuk merencanakan pernikahan.

7. Dapatkan Surat Nikah

Jika dirimu berpikir tentang bagaimana merencanakan pernikahan selangkah demi selangkah, ingatlah salah satu tugas terpenting, untuk memperoleh surat nikah sehingga dirimu dan pasangan benar-benar bisa menikah secara sah. Setiap negara memiliki undang-undang surat nikah yang berbeda, jadi pastikan untuk mempelajarinya terlebih dahulu. Pastikan mendapatkan surat nikah pada waktu yang tepat.

Mempersiapkan pernikahan memanglah tidak mudah dari yang dibayangkan. Pastinya ada kendala yang akan dihadapi. Diskusikan dengan kekasih serta orangtuamu.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Cara Memangkas Biaya Pernikahan Namun Tetap Elegan