Sukses

Lifestyle

Menurut Penelitian, Menikah Terbukti Bisa Jaga Jantung Sehat

Fimela.com, Jakarta Menikah adalah keputusan yang besar. Bersamaan dengan terucapnya janji nikah atau kata 'sah', muncul pula tanggung jawab yang besar untuk menjaga pernikahan tersebut. Meskipun tampaknya menjadi perjalanan yang melelahkan, namun pernikahan memberikan banyak manfaat kesehatan, baik secara fisik maupun mental.

Salah satu manfaat kesehatan yang bisa didapat dengan menikah mungkin adalah meningkatkan kesehatan jantung. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Heart menemukan bahwa orang yang menikah jauh lebih kecil mengalami risiko penyakit jantung dibandingkan orang yang tidak menikah.

Dalam penelitian yang menganalisis lebih dari 30 studi yang melibatkan lebih dari dua juta orang itu, ilmuwan melihat informasi tentang status pernikahan orang-orang dan hubungannya dengan risiko penyakit jantung.

Menikah mencegah penyakit jantung

Data menunjukkan bahwa orang yang tidak menikah memiliki 42% risiko lebih tinggi mengalami masalah jantung dibandingkan orang yang sudah menikah. Orang yang sudah bercerai juga memiliki risiko penyakit jantung 35% lebih tinggi dibandingkan orang yang masih menikah.

Ada banyak alasan yang menyebabkan kesehatan jantung orang yang sudah menikah meningkat, pertama adalah kemampuan seseorang merespons lebih cepat ketika pasangannya mengalami masalah kesehatan. Kedua, pasangan menikah yang sama-sama bekerja akan menghasilkan penghasilan ganda sehingga memiliki perawatan kesehatan yang lebih baik. Ketiga, stres akibat perceraian lebih besar dibandingkan stres di dalam pernikahan.

Karena stres dianggap memperburuk kesehatan jantung dan memperburuk masalah kesehatan lainnya, secara alami menikah pun memberikan jalan untuk mengurangi stres dengan cara "memiliki seseorang sebagai pendamping" yang ada untukmu sepanjang pernikahan itu berlangsung.

Tentu saja, manfaat ini hanya bisa didapat ketika pernikahan berjalan bahagia ya Sahabat Fimela. Jika pernikahan itu sendiri tak bahagia, hasil penelitian ini kemungkinan tak ada efeknya.

#ElevateWoman with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Hal Menakjubkan Ini Terjadi pada Otak Jika Menikahi Orang yang Tepat
Artikel Selanjutnya
Ini Alasan Ilmiah Manusia Harus Olahraga dan Tidak Boleh Lama Rebahan