Sukses

Lifestyle

Penelitian Menemukan, Lahir Jadi Anak Sulung Membuatmu Rentan Gemuk

Fimela.com, Jakarta Bukan hanya karakter atau sifat seseorang saja yang bisa diungkap lewat urutan lahir. Secara ilmiah, urutan lahir ternyata juga bisa memprediksi kondisi kesehatan tubuh seseorang, terutama berat badan.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Epidemiology & Community Health menunjukkan bahwa anak perempuan yang dilahirkan pertama atau sulung cenderung lebih mudah mengalami kenaikan berat badan dan kegemukan di masa tuanya.

Jadi anak pertama membuatmu rentan gemuk

Penelitian asal New Zealand yang menganalisis data 13.406 pasang saudara perempuan yang lahir pertama dan kedua dari Swedia ini menemukan bahwa anak perempuan sulung ternyata 29% cenderung mengalami kelebihan berat badan, sedangkan 40% lainnya cenderung mengalami obesitas dibandingkan adik perempuannya.

Ribuan saudara kandung itu diteliti selama 20 tahun lamanya untuk dianalisis perkembangan kesehatannya. Bukan hanya cenderung mengalamami kegemukan di kondisi normal, anak perempuan sulung juga tercatat cenderung lebih gemuk selama hamil dibanding adik perempuannya.

Namun para peneliti juga menekankan bahwa penelitian ini bersifat observational sehingga tidak ada alasan pasti mengapa hal ini bisa terjadi. Umumnya risiko kegemukan dipicu oleh gaya hidup yang kurang sehat, dan siapa saja bisa gemuk ketika tidak menjaga pola makan mereka dengan sehat.

Jadi, untuk mengetahui benar tidaknya anak sulung cenderung gemuk, coba lihat ke dalam keluargamu sendiri Sahabat Fimela.

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading