Sukses

Lifestyle

Mengenali Perbedaan Gejala COVID-19 dan Flu Biasa

Fimela.com, Jakarta Flu biasa dan COVID-19 sebenarnya sama-sama penyakit pernapasan menular, namun disebabkan oleh jenis virus yang berbeda. COVID-19 disebabkan oleh virus corona yang pertama kali teridentifikasi pada 2019. Sementara flu disebabkan oleh infeksi virus influenza.

Dibandingkan flu biasa, COVID-19 dinilai lebih mudah menular. Selain itu, COVID-19 juga dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius pada beberapa orang. Rentang munculnya gejala juga lebih lama terlihat pada orang yang terinfeksi COVID-19.

Gejala yang timbul akibat infeksi flu maupun COVID-19 terbilang mirip. Ditandai dengan demam, batuk, napas yang penek, kelelahan, radang tenggorokkan, sakit kepala, pegal di seluruh tubuh. hingga gangguan indra penciuman dan perasa.

Gejala ini tidak selalu terjadi pada setiap orang. Beberapa orang bisa mengalami gejala yang mirip dengan flu biasa tanpa demam. Sementara beberapa orang mungkin tidak menunjukkan gejala sama sekali.

 

Tetap perlu lakukan pengujian atau tes kesehatan

Menurut WHO sendiri, ada beberapa gejala COVID-19 yang kurang umum. Di antaranya, ruam pada kulit, konjutivis, pusing, kecemasan dan depresi, hingga gangguan tidur.

Perlu dipahami bahwa perbedaan gejala pada COVID-19 dan flu biasa tidaklah cukup. Kamu tetap perlu melakukan tes setelah gejala muncul sehingga bisa diketahui pasti penyakit apa yang diderita.

Di kondisi seperti sekarang ini, kamu bisa memanfaatkan telemedicine sebagai langkah awal untuk mengonsultasikan gejala dengan dokter.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading