Sukses

Lifestyle

7 Cara Menghilangkan Bau Prengus dan Amis pada Daging Kambing

Fimela.com, Jakarta Menjalang hari raya Idul Adha atau hari raya kurban, banyak sekali tempat-tempat pemotongan daging atau panitia kurban yang membagi-bagikan daging, khususnya daging kambing. Tetapi, bau prengus atau amis pada daging kambing kadang membuat masakan jadi kurang sedap. Tetapi, kamu bisa menggunakan salah satu cara berikut ini untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Yuk, langsung saja simak tipsnya.

1. Jangan lagsung mencuci daging kambing yang masih mentah

Mencuci daging kambing sebelum dimasak justru membuat daging ini menjadi alot dan prengus. Selain itu, daging kambing yang dicuci sebelum dimasak juga cenderung semakin cepat mengalami pembusukan. Oleh karena itu, sebaiknya daging kambing tidak dicuci dan segera direbus. Cukup rebus daging hingga mendidih dan buang air sisa kotoran tersebut. Dengan begitu, bau prengus pada daging kambing bisa hilang dan memiliki tekstur yang lebih empuk. Dikutip dari laman Liputan6.com.

2. Taburi daging kambing dengan garam

Jika daging kambing sudah terlanjur dicuci taburi dengan garam. Dengan menaburi garam pada daging bisa menetralisir bau amis yang tak sedap. Cukup taburi garam secara merata ke seluruh bagian daging kambing, lalu diamkan selama 60 menit dan bersihkan daging dari garam memakai air, setelah itu segera direbus.

3. Lumuri dengan jeruk nipis

Selain dapat menghilangkan bau prengus pada daging, jeruk nipis juga berfungsi efektif untuk melunakkan daging. Untuk memanfaatkan jeruk nipis ini caranya cukup mudah, hanya perlu memeras jeruk nipis hingga mengeluarkan sarinya. Kemudian baluri daging kambing dengan perasan air jeruk tersebut.

4. Bungkus menggunakan daun pepaya

Daun pepaya juga dipercaya efektif untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Daun pepaya memiliki kandungan enzim papain yang berfungsi efektif untuk menetralkan bau pada daging kambing. Selain itu, daun pepaya juga mampu membuat daging menjadi lebih lembut. Siapkan beberapa lembar daun pepaya yang sudah dibersihkan. Setelah itu, bungkus daging tersebut dengan daun pepaya. Dengan begitu, kandungan enzim pada daun bekerja menghilangkan bau prengus dan menjadikan daging lebih empuk.

5. Memakai parutan nanas muda

Nanas juga dipercaya dapat menghilangkan bau prengus pada daging kambing, selai itu nanas juga memiliki kandungan eznim papain yang dapat memecah protein yang menjadikan daging lebih empuk. Caranya cukup mudah, pilih nanas yang masih muda, kemudian parut dan taburkan parutan nanas ke seluruh bagian daging dan dibiarkan selama 1-2 jam.

6. Rebus dengan aneka rempah

Siapkan bermacam-macam rempah seperti jahe, kunyit, cengkeh, dan ketumbar, daun salam, atau serai yang memiliki aroma kuat. Aroma kuat aneka rempah dapat menghilangkan bau prengus daging kambing. Rebus daging kambing bersama dengan rempah-rempah agar empuk dan tidak berbau.

7. Rendam dengan air kelapa

Caanya pun cukup mudah. Cukup rendam daging kambing selama 30 menit dengan air kelapa muda dan bau tersebut akan hilang. Kandungan air kelapa tak cuma menghilangkan bau prengus, tapi juga akan membuat daging kambing punya tekstur yang lebih empuk.

Begitulah beberapa cara untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing, kamu tinggal memilih salah satu di atas yang cukup mudah untuk menghilangkan baunya. Semoga informasi di atas bermanfaat.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading