Sukses

Lifestyle

7 Jenis Batu Akik yang Paling Banyak Dicari Para Kolektor

Fimela.com, Jakarta Banyaknya jenis batu akik yang terdapat di Indonesia, kini menjadi buruan para kolektor domestik dan mancanegara. Indonesia yang terkenal dengan kekayaan alamnya, tentu memiliki potensi yang sangat tinggi dalam urusan batu akik. Beragam jenis batu akik yang terdapat dihampir seluruh wilayah di Indonesia, nampaknya menjadi surga tersendiri bagi para pencinta batu.

Namun, hanya ada beberapa batu yang sangat digemari oleh para pecinta batu akik. Bagi kalian yang mempunyai bisnis jual beli batu akik, ada baiknya jika mempunya koleksi yang paling diburu saat ini. Ingin tahu jenis batu akik apa saja yang menjadi buruan saat ini? Lihat saja rangkuman yang telah Bintang.com siapkan di bawah ini. Yuk, Mari.

1. Batu Bacan Hijau

Batu akik yang berasal dari pulau Kasiruta, Halmahera, Maluku Utara. Batu ini sangat diminati bahkan sampai kolektor mancanegara pun juga ikut berburu batu ini. Banyak kelebihan yang dimiliki batu akik jenis ini, salah satunya adalah batu ini bisa bermetamorfosa secara alami. Ada 2 jenis Batu Bacan yang paling populer yaitu jenis batu bacan doko dan batu bacan palamea.

2. Batu Akik Kalsedon atau Chalcedony

Batu Akik Kalsedon atau Chalcedony

Batu ini memiliki berbagai warna mulai merah, kuning, biru, hijau, hingga jingga. Batu ini mempunyai ciri seperti diselimuti kabut transparan dan menambah keeksotisannya. Batu jenis ini banyak dihasilkan di Pulau Obi, Maluku, Jawa Barat, Baturaja, dan Pacitan, Jawa Timur. Jenis kalsedon yang saat ini naik daun adalah rafflesia dari Bengkulu.

3. Batu Akik Kalimaya

Batu Akik Kalimaya

Batu akik ini meskipun lembek, namun tetap banyak yang mencarinya. Batu ini memiliki ciri spesifik yang mampu memancarkan warna semacam berlian dan menjadikan batu ini termasuk buruan nomor satu bagi para kolektor. Jenis batu akik ini sering disebut dengan opal. Batu akik ini bisa ditemukan di negara India, Meksiko, Australia, dan Mesir. Sedangkan di Indonesia, batu ini bisa kalian cari di daerah Banten.

4. Batu Akik Safir

Batu Akik Safir

Batu safir tergolong mahal dan mempunyai segmen pasar tersendiri. Batu safir memiliki jenis warna cukup dikagumi dan juga dianggap memiliki khasiat bisa menenangkan jiwa atau pikiran yang sedang kalut.

5. Batu Akik Sungai Dareh

Batu Akik Sungai Dareh

Batu akik yang berasal dari Sumatera Barat ini juga pernah dikenakan oleh para pemimpin negara. Salah satunya adalah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Barrack Obama pun diperkirakan juga memakai baju akik ini. Hal ini semakin menjadikan batu ini sangat mahal dan berkelas.

6. Batu Akik Bermotif atau Bergambar

Batu Akik Bermotif atau Bergambar Nyi Roro Kidul

Batu ini memiliki keistimewaan karena punya wujud atau motif gambar yang terukir secara alami. Ada batu akik yang punya gambar menyerupai ayam, tokoh, atau pemandangan. Batu gambar atau agate banyak ditemukan di Pacitan, Garut, dan Nusakambangan. Diyakini masih banyak lagi daerah penghasil batu gambar di Indonesia yang belum terkuak. Dan pastinya batu jenis ini tak akan lekang oleh zaman, dan memiliki harga yang sangat mahal.

7. Batu Akik Zamrud

Batu Akik Zamrud

Batu dengan warna khas hijau ini juga sangat dikenal dikalangan pecinta batu akik. Jenis batu ini sudah dikenal sejak ribuan tahun digunakan sebagai batu perhiasan. Batu Zamrud memiliki tingkat kekerasan yang sama dengan Batu Bacan yaitu 7.5 skala mohs. Batu Zamrud sangat dihargai dan dimuliakan pada zaman kerajaan karena dianggap sebagai lambang kemakmuran juga kedamaian. Jadi pantas rasanya jika batu ini dihargai sangat mahal dari dulu sampai sekarang.

Nah, itulah beberapa jenis batu akik yang paling banyak diburu oleh para kolektor untuk saat ini. Kita wajib bangga dengan kekayaan negri ini karena sebagian besar batu mulia itu ada diberbagai daerah di Indonesia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading