Sukses

Lifestyle

Arah Kiblat Bergeser, Apa Pentingnya Kiblat?

Fimela.com, Jakarta Arah kiblat bergeser, begitulah kurang lebihnya kalimat yang kamu dengar dua hari ini. Sebenarnya belum tentu bergeser juga, mungkin lebih tepatnya penyesuaian arah kiblat. Penyesuaian tersebut dilakukan karena matahari tepat berada di atas Kabah.

Sebelum kamu sibuk menyesuaikan arah kiblat, ada baiknya kamu harus tau dulu pentingnya kiblat itu sendiri. Bisa kita ibaratkan dalam skripsi, harus punya latar belakang sebelum merumuskan masalah penelitian. Nggak ada maksud ngingetin kamu kalo skripsi mentok di BAB III, kok, nggak sama sekali.

Kabah | via: generalcomtech.com

Makna kiblat itu sendiri tentu saja sebagai arah shalat. Jadi, mengapa harus menghadap kiblat? Itu perintah Allah yang langsung disampaikan kepada Nabi Muhammad. Juga, menjadi pembeda antara umat Islam dengan umat lainnya. Ada juga yang mengatakan kalau arah kiblat juga cerminan persatuan umat Islam.

Kabah | via: generalcomtech.com

Bayangkan, kalau gak ada satu arah pasti nanti umat muslim sholatnya menghadap ke mana? Mau sholat, dilema malah melanda, terus malah nggak jadi sholat karena bingung. Atau malah jadi nggak fokus karena sholatnya hadap-hadapan sama orang lain, terus lagi cape dan malah jadi berantem. Gawat juga kalo begitu.

Kabah | via: ahmadtakbir.wordpress.com

Selain arah shalat, menyembelih hewan, dan menghadapkan muka orang meninggal juga menghadap ke kiblat. Karena begitu penting peranan kiblat, arah kiblat bergeser menjadi perhatian umat muslim.

 

Baca juga: Ramai Arah Kiblat Bergeser, Begini Cara Menentukannya

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading