Sukses

Lifestyle

Yuk, Aktifkan Otakmu yang Tertidur Cuma dengan 8 Cara!

Fimela.com, Jakarta Otak adalah pusat dari segala saraf dalam sistem tubuh kita. Kalau kamu enggak berusaha meaktifkannya, otak kamu enggak akan jalan. Gimana caranya kamu berpikir kalau otak enggak jalan? Nih, ada beberapa cara yang bisa bikin otak kamu kembali aktif. 

#1 Lakukan Hobi Kamu

Yuk, Aktifkan Otakmu yang Tertidur Cuma dengan 8 Cara! | via: justmusiclessons.com.au

Kamu pasti punya hobi yang berhubungan dengan seni. Kamu suka menyanyi, menggambar, melukis, atau bermain musik misalnya. Kamu bisa mengaktifkan otak kamu sesuai dengan hobi. Paling enggak lakukan hal itu 1-2 jam sehari.

#2 Mengkonsumsi Berita

Yuk, Aktifkan Otakmu yang Tertidur Cuma dengan 8 Cara! | via: huffpost.com

 Berita memang terkadang membosankan untuk dikonsumsi. Kalau kamu memang sudah rutin membaca koran setiap pagi atau menonton berita di televisi malam hari, kamu bisa mengkonsumsi berita yang ringan-ringan saja. Tapi kalau kamu belum rutin mengkonsumsi berita, cobalah untuk membaca koran minimal setiap pagi sebelum memulai aktivitas kamu. 

#3 Buat Perencanaan

Yuk, Aktifkan Otakmu yang Tertidur Cuma dengan 8 Cara! | via: pastorernieblog.org

Membuat perencanaan setiap hari mungkin menurut kamu enggak penting. Tapi dengan membuat list apa saja yang ingin atau perlu kamu lakukan hari ini bisa bikin aktivitas kamu lebih teratur. Kamu juga bisa mengevaluasi kegiatanmu pada malam hari. Merencanakan dan melakukan evaluasi akan membuat otak kamu terus bekerja. 

#4 Rajin Membaca Buku

Yuk, Aktifkan Otakmu yang Tertidur Cuma dengan 8 Cara! | via: jogjareview.net

Membaca buku memang memerlukan kesabaran dan waktu. Tapi hal ini sangat penting, sekali pun hanya buku-buku ringan. Enggak perlu baca buku teori yang berat. Kamu bisa baca buku ringan disela waktu luang kamu. Di jalan menuju sekolah atau kantor, atau sebelum tidur. 

#5 Coba Analisa Pertanyaan

Yuk, Aktifkan Otakmu yang Tertidur Cuma dengan 8 Cara! | via: killadj.com

Setiap harinya, pasti muncul pertanyaan-pertanyaan di otak kamu. Kenapa pemerintahan sekarang bobrok? Kenapa lebah disebut dengan arsitek yang paling luar biasa? Atau pertanyaan ringan seperti, mau jadi apa aku nanti? Cobalah untuk berpikir sejenak dan mencari jawabannya dengan membaca dan berdiskusi dengan orang terdekatmu. 

#6 Latihan Berargumentasi

Yuk, Aktifkan Otakmu yang Tertidur Cuma dengan 8 Cara! | via: rumahminimalisistanaku.ga

Adu argumentasi enggak perlu pakai otot. Latih otak kamu untuk berargumentasi bersama rekan kerja atau teman kamu. Caranya dengan mengandalkan logika dan mengumpulkan fakta-fakta yang mendasar. Jangan berani adu argumen kalau kamu belum punya dasar yang kuat. 

#7 Tambah Pengetahuan

Yuk, Aktifkan Otakmu yang Tertidur Cuma dengan 8 Cara! | via: tobiasmastgrave.wordpress.com

Di usia kamu yang mungkin sudah cukup matang, bukan berarti kamu tahu segalanya. Masih banyak pengetahuan yang belum kamu ketahui. Cobalah untuk mengkonsumsi artikel-artikel tentang sains dan ilmu pengetahuan lainnya di media online. Semakin banyak pengetahuan yang kamu miliki, semakin banyak kerja otakmu. 

#8 Berdiskusi

Yuk, Aktifkan Otakmu yang Tertidur Cuma dengan 8 Cara! | via: riskafrica.com

Enggak selamanya topik ngobrol dengan teman, keluarga atau rekan kantor hanya tentang gossip. Cobalah untuk membicarakan satu hal yang berbobot. Berdiskusilah. Hal ini akan menambah pengetahuan dan berlatih untuk menghargai pendapat orang lain. 

Dengan melakukan kegiatan-kegiatan di atas, otak kamu akan kembali aktif. Kerja otakmu enggak akan monoton. Pekerjaan dan aktivitasmu pun menjadi lebih lancar. 

[Baca juga]: Ketahui Dominasi Otak Kanan dan Kiri Melalui Situs Vonvon

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading