Sukses

Lifestyle

8 Kesalahan yang Mungkin Dilakukan dengan Catokanmu

Fimela.com, Jakarta Meluruskan rambutmu dengan catokan bisa memberikan hasil yang fantastis. Tapi juga bisa menyebabkan kerusakan besar jika tidak dilakukan dengan baik. Berikut Bintang.com kan memberikan kesalahan-kesalahan yang harus dihindari bersama catokanmu. Cekidot!

Melewatkan Produk Pelindung Panas

Kesalahan #1 | via: pinterest.com

Banyak orang melihat produk pelindung panas tidak penting sehingga mereka melewatkannya sebelum meluruskan rambut mereka. Ini adalah kesalahan besar. Produk-produk ini dibuat khusus untuk melindungi rambutmu dari kerusakan akibat panas. Produk ini meminimalkan kerusakan yang ditahan rambutmu dan mengenyahkan rambut membandel yang gak mau lurus.

Tidak Membersihkan Catokanmu

Kesalahan #2 | via: pinterest.com

Membersihkan catokan mungkin gak pernah ada di daftar teratasmu. Tapi ini adalah sesuatu yang harus dilakukan secara rutin. Karena kamu terus menggunakan catokanmu, kelebihan dan residu dari produk rambutmu pun menumpuk. Ini berdampak pada seberapa halus catokanmu beroperasi dan bisa membuat rambutmu tersangkut dan terbakar. Membersihkan catokanmu dengan air dan alkohol sebenarnya sudah cukup. Tapi kamu mungkin inin membeli produk pembersih yang memang dibuat untuk membersihkan catokan.

Menarik Catokan ke Bawah Saat Digunakan

Kesalahan #3 | via: pinterest.com

Untuk menghindari rambut yang lurus namun rata, berhentilah enarik catokan ke bawah. Rambut terlihat lebih baik dengan sedikit volume. Hal ini bsia didapatkan dengan menarik rambutmu ke atas dan menjauh dari kepalamu ketika sedang mencatoknya.

Pengaturan Panasmu Terlalu Rendah

Kesalahan #4 | via: pinterest.com

Ini memang terdengar tidak logis ketika kamu harus menghindari tingkat panas yang lebih tinggi supaya tidak merusak rambutmu. Tapi menggunakan pengaturan yang terlalu rendah mungkin bisa memberikan kerusakan lebih daripada kebaikannya. Suhu yang rendah artinya kamu akan mencatok bagian rambutmu berulang-ulang untuk mendapatkan efek yang diinginkan. Ini malah memberikanmu risiko kerusakan dan tidak efektif. Pengaturan sedang sampai tinggi lebih disarankan dan menghemat waktumu.

Mengatur Tingkat Panas Terlalu Tinggi

Kesalahan #5 | via: pinterest.com

Hanya karena catokanmu biasa memanas hingga suhu 450 derajat bukan berarti kamu harus menggunakannya sepanas itu. Pengaturan tertinggi pada catokan dirancang untuk pemakaian profesional di salon. Temperatur tertinggi ini terlalu ekstrim untuk pemakaian di rumah dan kemungkinan besar akan merusak rambutmu. Kamu mungkin harus melakukan semacam eksperimen untuk mendapatkan panas yang tepat bagi rambutmu. Dimulai dari 300 derajat dan meningkatkan sedikit-sedikit adalah pilihan yang bagus.

Tidak Membagi Rambutmu

Kesalahan #6 | via: pinterest.com

Jangan mengambil bagian rambutmu yang banyak dan mulai mencatok. Kamu harus membagi rambutmu sedikit-sedikit supaya bisa mencatok lebih efisien. Jika tidak membagi rambutmu, kamu akan berakhir dengan merusak rambutmu karena mencatok porsi rambut yang terlalu tebal atau mencatok bagian rambut yang sama berkali-kali.

Tidak Membiarkan Rambutmu Dingin

Kesalahan #7 | via: pinterest.com

Jangan langsung mengonde atau menguncir rambutmu setelah mencatok. Rambutmu perlu waktu untuk bernafas. Ini hanya butuh waktu beberapa menit. Ketika rambutmu sudah cukup dingin untuk disentuh barulah kamu boleh mengikatnya.

Tidak Berhenti Ketika Mendengar Suara Mendesis

Kesalahan #8 | via: pinterest.com

Jika kamu mendengar suara mendesis atau mengendus bau terbakar, segeralah berhenti! Kamu jelas-jelas melakukan kerusakan serius pada rambutmu. Pastikan rambutmu sudah kering banget dan catokanmu bersih. Kamu mungkin juga ingin menurutkan tingkat panas dari catokanmu.

 

Menghindari kesalahan-kesalahan di atas akan memberimu rambut lurus dan sehat yang menakjubkan.

 

Baca juga: 5 Kesalahan yang Terjadi Ketika Kamu Beraktivitas di Luar Ruangan

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading