Sukses

Lifestyle

Selain Derawan, Ini 7 Eksotisme yang Menunggumu di Kalimantan

Fimela.com, Jakarta Setiap kali menyebutkan Kalimantan, banyak orang yang langsung membayangkan keindahan Derawan dengan pasir putih dan air laut sebening kristal. Padahal eksotismenya tak berhenti di situ. Supaya perjalanan di Kalimantan jadi makin berwarna, coba sambangi tempat-tempat berikut ini.

Meratus

Tak hanya terkenal akan belantaranya yang begitu rapat. Kalimantan pun punya gunung yang bisa kamu jajal jalur pendakiannya. Berada di Banjarmasin, gunung ini siap memberikan pengalaman lain dalam menjelajah alam liar khas Kalimantan.

 

A photo posted by iman wae (@paimankece) on

Danau Labuan Cermin

Bukan di Labuan Bajo, danau ini tersembunyi di sudut Berau. Sepoi angin yang menyejukkan, serta riak air yang begitu membius. Ditambah nuansa tenang yang membuatmu lupa akan segala polemik. Tak hanya sekedar nama. Kamu memang benar-benar bisa bercermin di air danau yang begitu bening.

Bukit Bangkirai

Menjejakkan kaki di Kalimantan, tak lengkap rasanya kalau tak mencicip nuansa belantaranya. Kamu langsung bisa menjajalnya di Bukit Bangkirai. Memandang hutan hujan tropis dari atas jembatan tambang membuat siapapun berdecak kagum. 'Karpet hijau' yang begitu luas. Jangan sampai lupakan udara segar yang tersedia.

Taman Nasional Kutai

Kalau ke Tanjung Puting sudah terlalu padat, kamu bisa berubah haluan ke Kutai. Melihat orangutan langsung di habitat aslinya. Tak hanya itu, kamu pun bisa berjalan di antara pohon-pohon besar yang membuat sinar matahari harus memaksa masuk karena daun pohon yang begitu lebat.

 

A photo posted by Fachreza Habibie (@bebeqrezaa) on

Danau Biru

Benar-benar berwarna biru. Dengan jajaran bukti batu dan pasir yang melingkupinya. Belum banyak dikunjungi, danau Biru bisa jadi salah satu destinasi pilihan di selatan Kalimantan.

Pulau Beras Basah

Kembali ke laut, kamu pun bisa berkunjung ke pulau Beras Basah. Mematahkan anggapan kalau hanya Derawan yang punya eksotisme laut di Kalimantan. Hamparan pasir putih dengan air laut bertemperatur hangat membuat kamu betah berlama-lama.

 

A photo posted by Shawn Nasution (@shawnnasution) on

Desa Budaya Pampang

Tak lengkap rasanya kalau kamu tak menyelami kearifan lokal saat bertandang ke satu destinasi. Berjarak 40 kilometer dari Samarinda, kamu bisa mengunjungi desa budaya Pampang yang dihuni oleh delapan ratus anggota Dayak Kenyah. Berbagai pertunjukkan seni bisa kamu saksikan, berbelanja kerajinan tangan, dan yang paling berharga, kamu bisa mengobrol dengan penduduk lokal.  

 

A photo posted by DON! (@donatrisukma) on

Sudah tujuh tempat, sih. Tapi kalau kamu ingin menambahkan tempat lain yang juga punya eksotisme Kalimantan, bisa langsung tuliskan di kolom komentar aja.

 

Baca Juga: 7 Destinasi untuk Melihat Indonesia dari Perspektif yang Berbeda

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading