Sukses

Lifestyle

Jatuhnya 'Crane' Masjidil Haram Tak Jadi Musibah Pertama di Mekah

Fimela.com, Jakarta Masjidil Haram jadi saksi bisu musibah crane yang terjatuh kemarin, Jumat (11/9) sekitar pukul 17.30. Mungkin kamu adalah satu dari sekian banyak orang yang melantunkan berbagai doa dan harapan baik untuk para korban meninggal, terluka, keluarga korban, maupun jemaah yang hendak melanjutkan berbagai prosesi ibadah haji.

Namun, ternyata musibah yang menewaskan 2 warga Indonesia ini bukan yang pertama kali terjadi. Beberapa tragedi yang tak kalah menyayat hati pun pernah menyambangi tempat yang jadi idaman bagi para muslim ini.

2006

Lebih dari 360 orang jadi korban meninggal saat berdesakan di gurun kota Mina, dekat Mekah. Saat itu para jemaah sedang melakukan salah satu prosesi ibadah haji, yakni melempar jumrah yang dimaksudkan sebagai simbol 'pengusiran' setan.

360 orang tewas di gurun Mina, dekat Mekah, pada 2006. | via: wsbtv.com

2006

Masih di tahun yang sama, sehari sebelum tahap prosesi ibadah haji berlangsung. Bangunan dekat Masjidil Haram yang biasa dijadikan hostel bagi para jemaah rubuh dan memakan korban kurang lebih 73 orang.

Bangunan runtuh di dekat Masjidil Haram, 2006. | via: AP

2004

Kembali ke tahun 2004, saat jemaah saling berjejal dengan begitu rapatnya di Mina. Bukan kepadatan biasa, hal ini menelan korban jiwa sebanyak 244 orang dan mengakibatkan ratusan lainnya terluka saat hari terakhir rangkaian ibadah haji.

Jemaah melakukan prosesi pelembaran jumrah di Mina. | via: pulse.ng

2001

Sebanyak 35 orang calon haji yang kali ini meninggal. Kepadatan yang terjadi di Mina, dekat Mekah, kembali 'meminta' korban jiwa. Peristiwa nahas ini terjadi pada hari terakhir rangkaian ibadah haji.

Jemaah melakukan prosesi pelembaran jumrah di Mina. | via: youtube.com

1998

Kepanikan yang merebak jadi penyebab 180 orang meninggal karena terinjak-injak oleh jemaah lainnya. Potret memilukan ini terjadi saat mendekati prosesi akhir ibadah haji yang dilakukan di Mina.

Jemaah melakukan prosesi pelembaran jumrah di Mina. | via: islamgreatreligion.wordpress.com

1997

Kebakaran yang terjadi di tenda kota Mina pada 1997 menewaskan 340 jemaah. Api meyebar dengan begitu cepat karena 'bantuan' angin yang berhembus dengan kencangnya kala itu. Lebih dari 1.500 orang terluka karena musibah ini.

340 jemaah tewas karena kebakaran di Mina pada 1997. | via: sunherald.com

1990

Musibah yang masih terus dan terus diingat hingga hari ini. Runtuhnya terowongan Mina membuat dunia berduka hebat. Tak tanggung-tanggung, 1.426 orang dilaporkan tewas di terowongan menuju kota Mekah itu.

Terowongan Mina. | via: pbase.com

Musibah memang silih berganti terjadi, seakan hendak bertukar posisi dengan kebahagian. Mungkin musibah yang terjadi di Masjidil Haram ini jadi satu renungan baru bagi kamu dan seluruh manusia yang 'menumpang hidup' di Bumi.

 

Baca Juga: 'Crane' Masjidil Haram Jatuh, Netizen Berdoa Lewat #PrayForMakkah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading