Sukses

Lifestyle

Baru Diangkat Menjadi Pemimpin, Ini 4 Tips Agar Enggak 'Stress'

Fimela.com, Jakarta Ketika kamu baru saja diangkat menjadi manajer, atau ketua sebuah divisi, artinya bebanmu bertambah lebih banyak. Kamu tahu dan sadar akan hal ini. Lantas otakmu langsung dipenuhi dengan segala urusan dan kepadatan  pekerjaan yang harus kamu lakukan. Belum lagi harus berinteraksi dengan karyawan. Kamu pasti akan menjadi stress!

Tapi, kamu enggak usah khawatir karena Bintang.com kali ini punya tips ampuh. Lakukan keempat hal ini supaya kamu enggak stress dan bisa menjadi pemimpin yang baik untuk perusahaan dan tim kerjamu. 

#1

Sebagai pemimpin baru, kamu harus memancing perhatian karyawan dan rekan kerja lain ketika memperkenalkan diri dan berbicara di depan umum. Hal ini mungkin terdengar sedikit arogan dan gila hormat. Tapi bukan begitu maksudnya. Ketika kamu baru saja diangkat menjadi seorang pemimpin yang baru, kamu harus mengenal seluruh staf. Kamu yang nanti akan memberikan tugas dan mengatur jalannya pekerjaan. 

Makanya, mereka perlu kenal siapa kamu. Sehingga, ketika bekerja sama, komunikasi enggak akan menjadi canggung dan kaku. Diskusi mengenai pekerjaan akan menjadi lebih nyaman dilakukan. 

#2

Biasanya untuk meningkatkan produktivitas kamu menggunakan to-do list. Padahal cara ini enggak efisien. Lebih baik kamu menggunakan kalender biasa untuk menandakan tanggal sekian harus melakukan apa saja. Dan apa saja yang harus kamu lakukan selanjutnya. Sehingga batas waktu menyelesaikan pekerjaan akan terlihat jelas. Ini bakal bikin kamu lebih mudah untuk mengatur waktumu. 

#3

Staf dan rekan kerjamu bukan bekerja untukmu. Tapi kamu bekerja untuk perusahaan bersama staf dan rekan kerja. Artinya enggak ada yang harus melayani siapa. Jadi, sebagai pemimpin yang baik, kamu harus memerhatikan apa yang mereka inginkan, katakan dan keluhkan. Ide mereka mungkin saja akan membawa perkembangan yang begitu besar. Dan kritik mereka bisa jadi akan membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik. 

#4

Ketika seseorang merasa lebih bahagia dan fokus pada pekerjaan, kinerjanya juga ikut lebih baik. Ada tiga hal yang bisa bikin orang mearasa lebih bahagia. Pertama, ketika mereka telah mendapatkan pelajaran baru. Kedua, ketika kehidupan pribadinya dan pekerjaannya berjalan dengan harmonis. Ketiga, mereka memberikan satu 'sumbangan' atau memiliki andil dalam kesuksesan perusahaan atau timnya, mereka akan merasa berguna untuk perusahaan.

Nah, kamu sebagai pemimpin harus bisa memenuhi ketiga hal di atas, agar kebahagiaan staf dan karyawanmu berjalan sejajar dengan kinerja yang semakin meningkat. 


Nah dengan melakukan keempat hal di atas, kamu enggak bakal jadi stress. Meskipun tanggung jawab dan pekerjaanmu bertambah banyak, kamu tetap bisa menjalankannya dengan baik. Kamu pun akan disukai para karyawan dan rekan kerja satu tim. 

Baca juga: 10 Makanan ini Bisa Menghapus Stress dan Bikin Emosimu Terkendali

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading