Sukses

Lifestyle

Rasakan Cita Rasa Masakan India Lewat 8 Kuliner di New Delhi

Fimela.com, Jakarta Turis asal Indonesia sekan tertohok oleh ungkapan 'I never do it again' yang melekat pada India. Banyak yang mengurungkan niat untuk berkunjung ke negara yang mayoritas penduduknya beragama Hindu itu. Tak hanya lingkungan yang relatif kurang aman, namun juga khawatir tak bisa makan.

Masakan India dikenal berbumbu tajam, bersantan, pedas, dan berbau menyengat. Namun, kalau memberanikan diri untuk berkunjung ke New Delhi, semua rasa takut itu akan berganti dengan deretan menu menggugah selera yang tak sabar untuk kamu nikmati. Berikut daftar kuliner di New Delhi, India, yang tak boleh dilewatkan.

Nasi biryani ayam atau kambing. Tempat terbaik untuk menikmati nasi biryani adalah di Karim's Restaurant, Old Delhi, yang punya penampilan tak terlalu kuning, sangat gurih, apalagi kalau ditambahkan ayam atau kambing berbumbu.

Tandoori chicken. Ayam bakar yang direndam selama minimal sepuluh jam dengan yoghurt, jeruk nipis, dan rempah-rempah, sebelum akhirnya dibakar menggunakan arang. Makanan ini bisa ditemukan di hampir semua resto India di New Delhi.

 

A photo posted by Kishan (@kishan_desai) on

Naan bread. Roti yang dipanggang di oven atau arang ini punya dua versi, yakni polos dan rasa bawang putih. Tinggal kamu pilih mana yang lebih disukai. Tapi, banyak orang yang merekomendasikan versi polos supaya rasa naan lebih terasa.

 

A photo posted by Meredith Towey (@meredithtowey) on

Palak paneer. Kuliner khas India ini terbuat dari potongan cottage cheese yang berpadu dengan bayam halus, krim kental, serta rempah-rempah. Banyak digemari turis, palak paneer wajib dicoba.

 

A photo posted by Tiara Chiaramonte (@tiarachiara) on

Gol gappa. Kudapan yang juga dikenal dengan nama panipuri ini banyak dijual di tepi jalan atau pasar di New Delhi. Terbuat dari kentang mentah yang dicampurkan dengan bumbu, kemudian dimasukkan ke kulit tepung berbentuk bulat, membuatnya jadi jajanan lezat khas India.

 

A photo posted by Ashwini BM (@ashwini_bm) on

Samosa. Rasanya hampir mirip dengan lumpia. Bedanya terletak pada bentuk segitiga dan isi samosa biasanya berupa kentang. Namun, tekstur kulitnya hampir sama. Jajanan ringan yang harus kamu coba di New Delhi.

 

A photo posted by Tai Tai (@shake_your_tofu) on

Phirni/Kheer. Kudapan lain yang begitu lezat. Puding nasi dan susu dengan topping kacang almond yang disajikan dalam keadaan dingin. Biasanya, ini dijadikan sebagai makanan penutup setelah melahap habis masakan India yang berbumbu tajam.

 

A photo posted by @bubblegumgod on

Gulab jamun. Kuliner ini terbuat dari sari kelapa susu dan tepung yang dibentuk bulat, kemudian digoreng. Air gula bertektur kental yang jadi teman makan gulab jamur akan menambah cita rasa manis di mulutmu. Makanan penutup yang begitu nikmat.

 

A photo posted by Bombay Foodies (@bombayfoodies) on

Terpatahkan sudah ungkapan kamu tak bisa makan di India. Bagaimana bisa seseorang menolak masakan lokal yang kaya akan cita rasa? Kalau kamu pernah mencicip makanan India yang belum disebutkan di atas, langsung tambahkan di kolom komentar aja.

 

Baca Juga: 8 Jajanan Paling Popular di Korea Selatan yang Wajib Kamu Cicip

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading