Sukses

Lifestyle

5 Tips Gerakan Sepele Namun Penting Dilakukan Demi Kesehatanmu

Fimela.com, Jakarta "Sehat itu mahal," begitu kata pepatah ketika sakit melanda. Tapi, kalau kamu sadari, menjadi sehat itu mudah dan murah. Banyak cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya dengan menjaga pola makan dan olahraga teratur. Untuk berolahraga, kamu nggak perlu meluangkan waktu banyak. Di sela-sela pekerjaan pun kamu bisa melakukan peregangan-peregangan sepele yang tanpa kamu sadari bisa menyehatkan tubuhmu.

Dengan begitu, kamu bisa tetap sehat meski banyak aktifitas. Berikut tips gerakan sepele, tapi penting kamu lakukan di sela-sela pekerjaanmu. Apakah kamu sudah melakukannya? :D

Pekerjaanmu menuntutmu untuk duduk di depan meja? Berdasarkan studi yang dilakukan oleh The University of Utah of Medicine, luangkan waktu sekitar 2 menit untuk mengistirahatkan bokongmu. Berjalanlah. Mungkin, agak terasa aneh jika kamu berjalan tanpa tujuan, tapi setidaknya kamu harus mengangkat bokong dari kursi selama 2 menit dan menggerakkan kakimu.

Sesekali jalan selama 2 menit ketika kamu sedang bekerja sambil duduk. (Via: youtube.com)

Pakailah tas ranselmu dengan benar. Sebab, tas yang hanya dicangklong dengan satu bahu bisa menyebabkan sakit punggung dan leher. Sepele, bukan? 

Pakai tas ransel yang benar. Karena kalau hanya sebelah saja yang dicangklong, akan menimbulkan sakit leher. (Via: youtube.com)

Saat berada di depan laptop, usahakan untuk mengistirahatkan matamu dengan teknik 20:20:20. Apakah itu? Jadi, setiap 20 menit matamu menatap layar laptop, arahkan pandanganmu ke arah 20 meter selama 20 detik. Lakukan teknik tersebut secara rutin untuk kesehatan mata yang lebih baik.

Lihat ke arah selain layar laptopmu sejauh 20 meter, selama 20 detik, tiap 20 menit untuk menghindari ketegangan mata. (Via: youtube.com)

Cobalah untuk senyum lebih banyak lagi setiap harinya. Entah hanya senyum palsu atau senyum bahagia. Yang penting, regangkan otot di sekitar mulutmu dengan membentuk pelangi terbalik. Studi menunjukkan bahwa tersenyum bisa menyehatkan tubuhmu. :)

Perbanyak senyum. (Via: youtube.com)

Posisi yang buruk ketika duduk di depan meja sama bahaya dengan mencangklong tas hanya sebelah bahu. Pastikan leher dan punggungmu lurus, dan siku membentuk 90 derajat celcius. Serta kaki yang menapak sejajar.

Pasang posisi tubuh yang benar ketika bekerja sambil duduk. (Via: youtube.com)

Hayooo! Sudahkah kamu melakukan gerakan-gerakan sepele di atas di sela-sela kesibukanmu? Kalau belum, yuk, mulai sekarang lakukan untuk kesehatan yang lebih baik. Selamat berolahraga sepele! :D

Baca juga: 6 Kebiasaan Sehari-hari yang Buruk untuk Kesehatan Mentalmu

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading