Sukses

Lifestyle

20 Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Terkena Serangan Panik

Fimela.com, Jakarta Serangan panik adalah gelombang kecemasan dan ketakutan luar biasa yang datang secara tiba-tiba. Jantungmu berdegup kencang dan kamu sulit bernafas. Kamu bahkan mungkin merasa seperti sekarat atau jadi gila. Jika dibiarkan, serangan panik dapat berujung menjadi kelainan panik dan masalah lain. Kali ini Bintang.com akan menunjukkan apa saja yang bisa dilakukan kalau kamu terkena serangan panik. Cekidot!

Dengarkan lagu yang akan membantu mengontrol ritme bernafasmu Lagu-lagu di kisaran 50-70 bpm cocok untuk yang satu ini.

Yang Bisa Dilakukan Ketika Terkena Serangan Panik | via: buzzfeed.com

Bermain dengan permainan yang dapat 'memberdayakan' semua indra perasamu.

 

Hitung 5 benda yang bisa kamu lihat, 4 yang bisa kamu sentuh, 3 yang bisa kamu dengar, 2 yang bisa kamu baui, dan 1 yang bisa kamu cecap.

 

A photo posted by @ana_ng_and_i on

 

Visualisasikan dirimu sedang melakukan yoga Meski kamu tidak pernah melakukannya di dunia nyata, bayangkan saja. Efek yoga yang menenangkan bisa berpengaruh padamu meski hanya dibayangkan saja.

 

A photo posted by Mimi Kayo (@mimikayo) on

 

Bermain dengan permainan yang lembek dan bisa diremas-remas.

 

A photo posted by @paigeleonas on

 

Baca ulang sebuah buku yang sangat kamu suka Reread a book you know really well Nantinya setelah kamu 'klik' dengan narasi di buku yang dibaca, perlahan tapi pasti rasa panik itu juga akan memudar.

 

Berkonsentrasilah pada adegan lucu dari kartun atau film yang pernahkamu tonton ketika kamu merasa serangan panik mendatangimu.

Milikilah 'mantra' yang bisa kamu ulang-ulang saat menghadapi serangan panik seperti “Ini gak bakal membunuhku” Rapalkan mantra tersebut hingga secara sugestif tubuhmu percaya kalau serangan panik tersebut adalah hal yang gak perlu dikhawatirkan.

 

A photo posted by Jessie & Allie (@lilmeos_tiu) on

 

Buatlah sesuatu Kalau kamu bisa merajut, merajutlah! Bisa dan hobi masak atau membuat kue? Buatlah makanan yang enak dan bikin kenyang! Jangan biarkan dirimu diam saja ketika terkena serangan panik.

 

A photo posted by BuzzFeed DIY (@buzzfeeddiy) on

 

Kunyah permen karet untuk meringankan gejala-gejala panik.

 

A photo posted by Poze swetty (@poze.swetty) on

 

Tuliskan apapun yang mungkin memicu serangan panikmu untuk dijadikan referensi di masa depan.

Yang Bisa Dilakukan Ketika Terkena Serangan Panik | via: buzzfeed.com

Telepon seseorang yang kamu tahu bisa menenangkanmu Bisa pacar, sahabat, orangtua, kakak, atau adikmu.

 

Bicara pada dirimu keras-keras kalau kamu bisa melewatinya.

 

A photo posted by BuzzFeed Health (@buzzfeedhealth) on

 

Sayang-sayangan sama hewan peliharaanmu Bermain dengan hewan peliharaan sudah terbukti dapat menenangkan diri ketika terjadi sesuatu pada hidup kita.

 

A photo posted by Cassi McConnell (@cassi_mcconnell) on

 

Cari udara segar.

Perlakukan serangan panik bagai terbangun dari mimpi buruk Maksudnya, meskipun bagai terbangun dari mimpi buruk, kamu tahu kalau situasi yang kamu alami bukanlah akhir dunia.

Yang Bisa Dilakukan Ketika Terkena Serangan Panik | via: buzzfeed.com

Touch things with different textures.

 

Perlakukan serangan panik seperti adik kecil yang menyebalkan yang gak mau berhenti mengganggumu Maksudnya adalah supaya kamu bisa fokus pada hal lain. Tertawakan saja, lakukan yang terbaik untuk mengacuhkannya. Gak sempurna, memang. Tapi kemungkinan besar bisa berhasil.

Berikan seranganmu sebuah nama dan wajah Dengan memberinya wujud, ini akan menjadi sesuatu yang lebih mudah untuk dikendalikan.

 

Mewarnailah! Ketika panik datang, cobalah warnai buku mewarnai yang tersedia untuk orang dewasa. Lama kelamaan kamu akan tenang dengan sendirinya.

 

A photo posted by Alexis Winter (@alexiswinter) on

 

Serangan panik bahkan bisa menyebabkan kamu menarik diri dari aktivitas normal. Tapi jika hal di atas dilakukan bersamaan dengan bantuan dari profesional, kamu bisa mengurangi atau mengenyahkan gejala panik dan kembali mengendalikan hidupmu. Selamat mencoba!

 

Baca juga: 19 Kegiatan yang Bisa Dilakukan untuk Mengundang Kantuk

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading