Sukses

Lifestyle

7 Pura yang Harus Kamu Sambangi Saat 'Traveling' ke Bali

Fimela.com, Jakarta Bali, tak berlebihan rasanya kalau pulau ini diidentikkan dengan pesona yang tak kunjung habis. Ada saja satu hal baru yang wajib untuk dicoba. Ada saja satu hal unik yang ditemukan di sudut pulau dewata. Membuat siapapun ingin kembali secepat mungkin. Bersua dengan udara khas Bali.

Tak hanya suguhan pesona alam yang ditawarkan. Bali pun tersohor akan adat istiadat dan budaya yang berpadu dengan spiritualitas warga lokal. Menikmati nuansa spiritualitas di Bali, deretan pura-pura ini yang harus dikunjungi.

Pura Besakih

Terletak di desa Besakih di timur Bali, kompleks pura ini jadi yang paling disucikan di Bali. Terletak di ketinggian 1.000 meter di lereng gunung Agung, pura ini dibangun dalam enam tahapan. Candi Bentar adalah pintu masuk pura ini, sedangkan Kori Agung adalah pintu masuk menuju halaman kedua.

Pura Besakih. | via: youtube.com

Pura Goa Gajah

Dibangun pada abad ke-9, pura ini jadi tempat suci yang berlokasi di sebuah pulau di dekat Ubud. Kamu akan temukan relief-relief menakjubkan yang berjajar rapi di sini. Juga, mulut gua yang menghantarkanmu pada nuansa spiritual yang begitu kentara.

Pura Goa Gajah. | via: indonesia-tourism.com

Pura Ulun Danu Bratan

Pura yang berlokasi di tepi danau Bratan ini biasa digunakan untuk pemujaan Dewi Danu. Selain jadi lokasi pura suci, danau Bratan juga berfungsi sebagai irigasi bagi persawahan warga lokal. Tak hanya Hindu, para pemeluk Buddha pun bisa beribadah di pura ini.

Pura Ulun Danu Bratan. | via: suarbalitours.com

Pura Tirta Empul

Yang paling terkenal dari pura ini adalah kolam air suci yang biasa digunakan untuk membasuh tubuh. Di dalamnya terdapat mata air yang digunakan oleh para pemeluk hindu untuk mandi dan memohon tirta suci. Berlokasi di dekat Tampaksiring, pura ini digunakan untuk pemujaan dewa Wisnu.

Pura Tirta Empul. | via: ydcbalitour.com

Pura Luhur Uluwatu

Pura yang ada di ujung barat daya pulau Bali ini berada di atas anjungan batu karang yang menjorok ke laut. Terletak diketinggian 97 meter di atas pemukaan laut, tempat ini berfungsi sebagai penyangga kesucian pura. Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan tari kecak yang dipertunjukkan menjelang matahari terbenam di hari-hari tertentu.

Pura Luhur Uluwatu. | via: tundra.web.id

Pura Gunung Kawi

Pura yang sudah berdiri sejak abad ke-11 ini berlokasi di Tampaksiring. Terletak di tepi sungai Pakerisan, pura ini terdiri dari 5 candi yang sedikit terbenam ke gunung batu. Masing-masing puranya memiliki tinggi hingga 7 meter. Berada di wilayah persawahan, kamu akan merasakan ketenangan yang dihantarkan oleh Pura Gunung Kawi.

Pura Gunung Kawi. | via: en.wikipedia.org

Pura Goa Lawah

Terkenal sebagai salah satu pura penting di Bali, Goa Lawah tak hanya berupa bangunan. Melainkan gua yang dihuni oleh ribuan kelelawar. Tempat pemujaan dewa laut ini diperkirakan sudah ada sejak abad ke-11. Dikukung pepohonan rindang, mulut gua seakan memberi nuansa spiritual yang begitu menenangkan. Berada di perbatasan bukit dengan pantai, membuat pura ini punya pemandangan yang kian memesona.

Pura Goa Lawah. | via: flickr.com

Tak perlu jauh ke ashram di India untuk merasakan spiritualitas yang menggantung dengan begitu dominan di setiap tarikan napas. Bali pun sanggup memberikan nuansa intim tersebut. Tapi, kalau kamu punya rekomendasi pura lain yang harus dikunjungi di Bali, langsung tuliskan di kolom komentar aja.

 

Baca Juga: Jangan Sampai Lewatkan 8 Kuliner Wajib Cicip di Bali

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading