Sukses

Lifestyle

5 Orang Kaya di Indonesia, Hartanya Bisa Mencapai Rp 222 Triliun

Fimela.com, Jakarta Mungkin kamu tahu siapa saja yang berada di jajaran orang terkaya di dunia. Mulai dari orang-orang paling muda seperti Mark Zuckerberg hingga Warren Buffett yang namanya hampir dikenal seluruh orang di dunia dari setiap lapisan. Mungkin kamu lebih sering mendengar nama-nama miliarder orang Eropa dan Amerika. Tapi siapa sangka dalam dunia bisnis juga ada beberapa orang asia disela-sela jajaran orang terkaya. 

Ada Wang Jianlin dari Cina, yang juga sering-sering disebut dalam jajaran miliarder di Asia. Ada juga Jack Ma, orang kaya ketiga di Asia sekaligus nomor satu di Cina. Ada Philip Ng di Singapura dan Robert Kuok di Malaysia. Tapi, kenalkah kamu dengan orang-orang terkaya di Indonesia? Mungkin nama Agung Podomoro, Chairul Tanjung, dan Sukanto Tanoto sering kamu dengar sebagai orang-orang terkaya di negara kita ini. Nampaknya, ada beberapa orang yang bahkan kekayaannya melebihi tiga nama besar tersebut. Berikiut ini, lima orang terkaya di Indonesia, versi Forbes tahun lalu. 

Hartono dan Keluarga. Hartono sekeluarga menempati urutan pertama versi Forbes. Orang terkaya di Indonesia ini kekayaannya mencapai $16,5 miliar atau lebih dari Rp 222 triliun! Dan menempati urutan ke-12 orang terkaya di Asia. Kekayaannya berasal dari bisnisnya yang bergerak dibidang bank. keluarga Hartono juga merupakan pemilik Djarum yang selama ini kamu kenal. 

Hartono dan keluarga | via: ealuxe.com

Susilo Wonowidjojo dan keluarga. Setelah Keluarga Hartono, ada Susilo Wonowidjojo yang kekayaannya mencapai Rp 100 triliun lebih. Seperi Hartono, bisnis keluarga Susilo juga bergerak dalam perusahaan tembakau yang kini dikenal dengan Gudang Garam. Tahun 2003, Suliso dan keluarga masih berada di urutan ke-4. Sedangkan tahun lalu, Susilo naik menjadi urutan kedua, setelah keluarga Hartono versi Forbes. 

Susilo Wonowidjojo dan keluarga | via: profilbos.com

Anthoni Salim dan keluarga. Anthoni Salim juga termasuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia. Anthoni menempati urutan ketiga, dengan kekayaan mencapai lebih dari Rp 79 triliun. Keyaannya berasal dari bisnis yang dia dirikan sendiri, dan dinamakan Salim Group atau dikenal dengan Indofood. Perusahaan ini sebelumnya didirikan oleh Liem Sioe Liong, ayah dari Anthoni Salim. 

Anthoni Salim dan keluarga | via: forbes.com

Eka Tjipta Widjaja dan keluarga. Siapa yang sangka Eka Tjipta Widjaja dulu datang dari negeri Cina pada usia sembilan tahun. Kemudian berjualan biskuit di Indonesia. Tapi, kini Widjaja dan keluarga menjadi orang terkaya nomor empat setelah Anthoni Salim. Bisnis yang membawanya sukses ini bergerak di bidang minyak kelapa sawit. Kekayaannya mencapai Rp 78 triliun. 

Eka Tjipta Widjaja dan keluarga | via: bwbx.io

Sri Prakash Lohia. Mungkin namanya jarang kamu dengar, tapi Lohia tahun ini menempati urutan ke-341 orang terkaya di dunia. Bisninya bergerak di bidang polister. Dan kekayaannya mencapai Rp 61 triliun. 

Sri Prakash Lohia | via: kaskus.co.id

Indonesia seharusnya patut berbangga, karena memiliki orang-orang hebat yang juga turut menyumbang pembangunan negeri maritim ini. Jangan hanya berbangga dengan orang-orang kaya dari negeri lain. Ternyata kita juga punya milarder yang tidak kalah hebat dari pebisnis asing di seluruh dunia. 

Baca juga: 5 Pebisnis Terkaya di Singapura, Salah Satunya Orang Indonesia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading