Sukses

Lifestyle

5 Cara Menabung yang Semua Orang Bisa Lakukan

Fimela.com, Jakarta Menabung mungkin kedengarannya mudah. Tapi, enggak semua orang konsisten menyisihkan sebagian pendapatannya setiap bulan. Bahkan banyak orang yang menghabiskan seluruh gajinya dalam beberapa minggu. Penggunaan kartu kredit yang enggak sesuai dengan aturan dan keperluan membuat mereka bahkan terlilit hutang. Sehingga mereka enggak akan punya sisa uang untuk ditabung. 

Sebenarnya, kamu bisa terlepas dari jerat hutang dan keinginan untuk menghabiskan semua uangmu. Kamu hanya tinggal memupuk kemauan yang sangat kuat untuk menabung. Selain itu, ada lima cara praktis yang semua orang bisa lakukan untuk membuatmu disiplin dalam menabung. Biasanya, kamu hanya cukup menyisihkan 10% untuk ditabung. Tapi, dengan kelima cara ini kamu bahkan bisa menyisihkan uang sampai 30%! Mau tahu caranya? Bintang.com kali ini akan mengajakmu untuk menabung dengan konsisten. 

Kamu harus memantau pengeluaranmu. Langkah pertama sebelum kamu menyisihkan uang untuk ditabung adalah memantau pengeluaran. Kalau kamu enggak tahu berapa jumlah uang yang kamu belanjakan setiap bulannya, serta ke mana uangmu 'pergi,' kamu enggak akan bisa menabung. Karena kamu perlu tahu dulu berapa kebutuhanmu selama satu bulan. Baru bisa menghitung berapa jumlah uang yang bisa kamu tabung. 

Bayar semua hutang yang jumlahnya banyak. Hutang, baik dari kartu kredit maupun pinjaman lain, ternyata juga menjadi hambatan untuk menabung. Cara yang paling baik adalah melunaskan semua kredit dan tunggakan. Setelah itu, baru kamu bisa menghitung berapa banyak uang yang bisa kamu tabung. 

Paksa dirimu untuk berinvestasi. Menyisihkan uang setiap bulannya bukan perkara mudah. Banyak sekali godaannya untuk membelanjakan uangmu. Baik untuk makan, belanja, dan hangout bersama teman-teman. Kalau sudah begini, kamu harus memaksa dirimu sendiri untuk menabung. Salah satu caranya adalah dengan ikut program investasi. Pilih saja produk investasi yang paling terjangkau untukmu. Kamu bisa memilih reksa dana kalau uangmu masih belum cukup untuk membeli saham. 

Daftarkan dirimu pada program tabungan rencana. Cara lain untuk memaksamu menabung adalah dengan ikut program tabungan rencana. Kamu cuma tinggal isi formulir dan memilih nominal yang ingin kamu tabungkan setiap bulannya. Bank akan secara otomatis akan menarik sejumlah uang dari tabunganmu, dengan jumlah dan waktu yang sudah ditentukan atau disepakati.

Kamu harus bertanggung jawab pada dirimu sendiri. Keempat hal di atas enggak akan bisa kamu lakukan tanpa adanya tanggung jawab dari dirimu sendiri. Karena kamu secara enggak langusng sudah membuat satu komitmen pada diri sendiri untuk menabung dengan konsisten. Karenanya, menumbuhkan rasa tanggung jawab sebenarnya menjadi dasar untuk melaksakan keempat hal di atas. 

Nah, dengan kelima cara di atas, kamu pasti bisa konsisten menabung. Selain itu, kamu enggak akan pusing lagi karena uang habis sebelum masa gajian tiba. Mulai sekarang, kamu akan berpikir dua kali untuk membeli barang yang enggak benar-benar kamu butuhkan. Selain keuanganmu akan jadi sehat, kamu juga pasti akan lebih tenang menghadapi masa depan. 

Baca juga: 6 Cara Gunakan Uang yang Sudah Kamu Tabung Selain Buat Masa Tua

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading