Sukses

Lifestyle

Mark Zuckerberg Kagumi Wanita Filipina

Fimela.com, Jakarta Setelah bocah pembuat jam digital, Ahmed Mohamed, kini CEO Facebook Mark Zuckerberg terpesona dengan wanita asal Filipina bernama Riza Mae Tachado. Pada Selasa, 13 Oktober lalu secara khusus Mark mengunggah sebuah video tentang Riza, wanita lulusan ilmu komputer yang berasal dari pulau kecil di Filipina, Antique.

“Ini adalah cerita tentang sosok mengagumkan bernama Riza—wanita muda yang berasal dari sebuah pulau kecil di mana Riza dan kebanyakan wanita di sana bekerja sebagai pengumpul kerang laut. Tapi itu dulu, kini Riza menjadi salah satu anggota Internet.org, ia pun belajar dan telah lulus dari sekolah ilmu komputer,” tulis Mark dalam akun Facebook-nya.

Dalam video berdurasi satu menit lebih itu terlihat bagaimana perjuangan Riza belajar ilmu komputer. Ya, Riza ingin mengubah nasibnya, tidak lagi bekerja sebagai pengumpul kerang laut. “Saya ingin sesuatu yang lebih besar untuk diriku sendiri. Jadi, aku memutuskan untuk belajar ilmu komputer di kota,” kata Riza.

Untuk menuju sekolah yang ada di kota dia harus menempuh perjalan dengan perahu seharian. Tapi, saat menulis tesis, badai menerjang pulaunya dan tentu saja tempat tinggalnya sehingga ia tidak dapat menghadiri kelas selama beberapa minggu.

Badai yang datang tidak pernah menghalangi keinginannya untuk menyelesaikan sekolahnya. Riza pun memanfaatkan handphone-nya untuk berkomunikasi dengan teman-teman sekelasnya. “Handphone saya menjadi kelas untuk berkomunikasi dengan teman sekelas saya. Kami menggunakan Facebook melalui Internet.org untuk menulis tesis kami,” jelas Riza.

Berkat pemanfaatan teknologi itulah Riza mampu menyelesaikan skripsi berjudul “Automated Water Billing System of Culasi Water District.” Riza pun mengaku sangat bahagia karena bisa lulus kuliah berkat bantuan CEO Facebook Mark Zuckerberg melalui program yang didirikannya, yakni Internet.org. “ Internet.org menawarkan konektivitas data gratis melalui penyediaan layanan Smart, Globe, dan Sun Cellular. “Saya bangga bisa menjadi orang pertama di keluarga saya yang mendapatkan gelar ilmu komputer,” pungkas Riza.

Baca juga : Mark Zuckerberg Ajak Pengguna Facebook Melihat Markas Besarnya

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading