Sukses

Lifestyle

Hapus 'Makeup' Sebelum Tidur, atau 5 Hal Buruk Ini Akan Terjadi

Fimela.com, Jakarta Makeup memiliki erat kaitannya dengan kulit wajah yang cenderung sensitif. Biasanya, makeup digunakan untuk memberikan kesan segar, tak jarang makeup dipakai untuk menutupi noda-noda di wajah. Apapun tujuannya, riasan di wajah nggak boleh menempel terlalu lama. Apalagi sampai seharian dan dibawa tidur. Itu bahaya banget buat kesehatan kulitmu.

Berbagai masalah bisa muncul silih berganti apabila kamu kerap membawa makeup untuk tidur. Mulai dari sekadar wajah berminyak, hingga infeksi. Hmm, ngeri banget, kan? Jangan sampai kamu mengalaminya, ya! Berikut (setidaknya) 5 hal yang akan terjadi kalau kamu nggak bersihkan wajah sebelum tidur.

Rentan terhadap jerawat. Saat kamu tidur, makeup akan menyumbat pori-pori sehingga akan mengganggu sirkulasi minyak alami pada kulit. Kemudian, kotoran sisa makeup yang menyumbat akan menimbulkan infeksi seperti jerawat, komedo, kulit kering dan lainnya.

Rentan jerawat. (Via: sibubeauty.com)

Infeksi mata. Riasan wajah yang nggak dihapus akan melahirkan bakteri yang bisa menginfeksi mata. Makeup mengandung bahan kimia yang cenderung meresap ke mata saat Anda tidur. Jika terkontaminasi dengan mata dalam waktu lama, bahan kimia pada makeup dapat menyebabkan kehilangan penglihatan mata, mata merah, infeksi mata serius dan lainnya.

Infeksi mata. (Via: dettol.co.id)

Penuaan dini. Pada malam hari, tubuh, termasuk kulit akan melakukan detoksifikasi dan peremajaan. Sel-sel yang rusak akan digantikan dengan sel baru dengan sendirinya. Kalau makeup masih menempel saat tidur, sel jadi sulit untuk bekerja dengan baik. Hal ini bisa bikin kulit menjadi stres dan memicu timbulnya keriput. Hmmm.

Mudah keriput. (Via: telegraph.co.uk)

Bibir menghitam. Hal ini juga jadi bagian efek buruk saat kamu nggak menghapus riasan bibir alias lipstick. Seperti yang telah disebutkan, bahan kimia pada lipstick akan menganggu proses regenerasi sel kulit.

Bibir menghitam. (Via: abccoolingmages.com)

Bulu mata rontok. Tidur dengan riasan mata bakal bikin bulu mata rontok. Kandungan lilin yang cenderung mencair sepanjang hari memblokir folikel bulu mata dan menyebabkan kerontokan dengan mudah. Nggak mau, dong? Nanti bulu matamu botak? :|

Bulu mata rontok. (Via: exoticon.co)

Baca juga: 10 Tren Tampilan Rias Wajah Terbaru yang Bisa Kamu Coba Bulan Ini

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading