Sukses

Lifestyle

3 Cara Agar Kamu Belajar dengan Cara yang Lebih Kreatif

Fimela.com, Jakarta Kamu mungkin sudah lulus dari sekolah. Atau bahkan sudah menjadi sarjana. Tapi, setelah lulus, kamu akan tetap terus belajar. Pekerjaan baru, menjalin hubungan yang baru dengan orang lain dan pasangan, bahkan kamu akan mendapatkan peran yang baru dalam hidup. Tiap kali kamu memasuki babak baru, kamu harus belajar. Karena itu, penting buat semua orang untuk memilih cara yang paling ampuh agar belajar tidak akan membuatmu merasa terbebani. 

Belajar bukan hanya dari buku. Tapi juga dari pengalamanmu dan orang lain. Banyak orang yang belajar tapi tetap saja melakukan kebiasaan yang tidak baik. Kegagalan memang akan terus menghampiri. Tapi kalau tiap kali mencoba hal yang sama kamu gagal, artinya perlu ada perubahan cara belajar. Nate Kornell, seorang profesor psikologi kognitif di Williams College mengatakan ada tiga cara agar kamu belajar dengan kreatif

Ketidaknyamanan saat belajar adalah tanda yang baik. Ketika kamu belajar, awalnya pasti sulit. Kamu akan terus memaksa otakmu untuk bekerja dan mengingat. Ketika kamu sudah menanamkan pemahamannya, hal yang sama akhirnya menjadi mudah. Kebanyakan orang menyangka ketika hal yang tadinya sulit menjadi mudah adalah tanda kamu sudah belajar. Tapi ternyata, ketika kamu bergelut pada masalah, berusaha untuk memecahkannya hingga kamu merasa otakmu 'penuh,' disitulah proses belajar. Makanya, nikmati dan resapi proses belajar yang memusingkan. Karena saat itulah otakmu sedang memproses segala informasi dan mengubahnya menjadi lebih sederhana hingga kamu punya pemahaman yang kuat. 

Berhentilah menghafal. Banyak orang yang menggunakan strategi ini saat menghadapi ujian di kampus atau di sekolah. Ya, menghafal memang sangat efektif untuk jangka waktu yang pendek. Tapi, coba saja ingat-ingat hafalanmu tiga tahun ke depan. Semua informasi yang tersimpan sudah 'tumpang tindih' dengan informasi yang baru. Karenanya, berhentilah menhghafal. Kamu seharusnya mencoba untuk melupakan informasi yang sudah kamu 'simpan' kemudian baca dan pelajari kembali. Ulangi proses ini hingga berkali-kali. Proses melupakan dan belajar kembali inilah yang akan merekatkan ingatanmu untuk jangka panjang. 

Rangkai fakta dengan fakta yang lainnya. Untuk mengingat apa yang sudah kamu baca, rangkailah fakta yang baru saja kamu dapatkan dengan fakta yang sudah kamu simpan dalam otak sebelumnya. Dengan merangkainya dengan fakta-fakta lain, fakta yang baru akan lebih melekat dan kamu tidak akan mudah lupa dengan hal tersebut. 

Itu dia tiga cara agar kamu bisa belajar dengan efektif. Sehingga apa yang kamu 'masukkan' ke dalam otak tidak akan hilang meskipun sudah bertahun-tahun lamanya. Kamu juga harus meninggalkan teknik hafalan semalam yang mungkin sering kali kamu lakukan pada saat kuliah atau sekolah. 

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading