Sukses

Lifestyle

Ketahui 4 Hal Sepele yang Bisa Jadi Penyebab Penyakit Keputihan

Fimela.com, Jakarta Berbeda dengan laki-laki, perempuan memiliki daerah-daerah yang sensitif jika dibandingkan dengan daerah lain. Area tersebut disebut dengan daerah kewanitaan yang letaknya berada di alat kelamin perempuan. Sifatnya yang sensitif dan letaknya yang selalu tertutup membuat daerah kewanitaan jadi mudah lembab. Kondisi seperti itu membuat vagina lebih mudah terkontaminasi bakteri buruk yang bisa memicu penyakit. Salah satunya adalah keputihan.

Keputihan sendiri sebenarnya hal yang wajar terjadi pada area genital perempuan. Namun kelembaban yang nggak sesuai pH (derajat keasaman) membuat bakteri berkembang pesat dan menjadikannya parah. Selain itu, masih ada beberapa penyebab sepele yang bisa membuat keputihanmu jadi mengganggu dan penyakit serius. Apa saja? Simak artikel berikut ini.

Kebersihan. Kamu boleh untuk malas mandi, namun tidak untuk malas mengganti pakaian dalammu. Ganti pakaian dalammu minimal dua kali sehari atau sesuai dengan kebutuhanmu. Jika bagian kewanitaan terasa lembab berlebihan dan mengganggu, sesegara mungkin kamu wajib mengganti celana dalam. Keringkan vaginamu setiap habis cebok dengan lembaran pengering yang bersih.

Kebersihan. (Via: indiatimes.com)

Stres atau beban pikiran. Setiap orang memiliki tingkat stres sendiri-sendiri. Semua kinerja organ tubuh dipengaruhi dan dikontrol oleh otak. Ketika reseptor otak mengalami stres, hal tersebut bisa menyebabkan terjadinya perubahan dan keseimbangan hormon-hormon dalam tubuh. Lebih dari itu, bisa menyebabkan keputihan pada perempuan. So, ketika pikiranmu dirasa sudah suntuk, segeralah lakukan relaksasi sejenak. Hang out bersama teman-teman atau spa ke salon.

Stres. (Via: today.com)

Konsumsi obat-obatan. Untuk mengatasi penyakit tertentu, obat antibiotik dibutuhkan dalam proses penyembuhan. Namun, jika dikonsumsi dalam jangka panjang, obat antibiotik ternyata memiliki dampak pada sistem imunitas tubuh wanita dan menyebabkan keputihan. 

Konsumsi obat-obatan. (Via: dailytimesgazette.com)

Jamur, bakteri, virus, dan parasit. Jika kamu sudah merasa menjaga kebersihan, pikiran, dan menjauhi obat-obatan tapi masih mengalami keputihan, sebab terakhirnya bisa jadi karena jamur, bakteri, dan parasit yang bersarang di vaginamu. Seperti  bakteri Gardnella dan parasit Trichomonas Vaginalis yang ditularkan melalui bibir kloset, hubungan seks, atau perlengkapan mandi.

Bakteri, virus, parasit, atau jamur. (Via: o.canada.com)

Itulah 4 hal sepele yang bisa menyebabkan terjadinya keputihan pada area kewanitaanmu. Agar nggak terkena penyakit lainnya pada kelaminmu, jika kamu sedang menstruasi, jangan lupa untuk sering mengganti pembalut. Dan ketika kamu memakai panty liner, jangan terlalu lama. Sebab hal tersebutlah yang bisa bikin vagina lembab berlebihan dan memicu berkembangnya bakteri jahat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading