Sukses

Lifestyle

Demi Kesehatan, Jangan Lakukan 5 Hal Ini Pada Matamu! Bahaya!

Fimela.com, Jakarta Mata adalah jendela jiwa dan dunia. Organ tubuh yang satu ini menjadi organ vital bagi kehidupan manusia dan hewan. Dengan adanya mata, tentu kamu bisa melihat dan melakukan aktvitas dengan baik. Untuk itu, kamu perlu menjaga dengan baik matamu agar berfungsi dengan baik.

Terkadang, beberapa orang secara nggak sadar melakukan hal-hal yang membahayakan mata. Seperti hal-hal sepele di bawah ini. Secara jangka pendek mungkin hanya akan memberi efek ringan, namun dalam jangka panjang bisa saja menyebabkan keruskaan pada mata. Mungkin kamu salah satu orang yang kerap mendzolimi mata. Check this out!

Membaca di tempat gelap. Bekerja dan membaca dalam kondisi ruangan yang redup dapat menyebabkan ketegangan pada mata. Untuk itu, bekerjalah dan membacalah di tempat yang cukup asupan cahaya. Setidaknya, kamu nggak perlu mengernyitkan mata saat membacas sesuatu.

Menatap langsung ke matahari. Jangan pernah menatap langsung ke matahari, meskipun kamu memakai kacamata hitam UV. Sinar matahari memiliki sifat yang sangat kuat. Saking kuatnya, sinar matahari dapat merusak bagian-bagian sensitif dari retina. Sinar matahari bukan pacar kamu, nggak usah dipandangi. :p

Tidur pakai lensa kontak. Sama halnya dengan menatap sinar matahari, kamu juga nggak boleh tidur pakai lensa kontak. Mata memerlukan aliran oksigen saat tidur. Oleh karena itu, lepas lensamu sebelum esok pagi kamu mendapati matamu kenapa-kenapa. Oiya, selain itu, saat pergi renang, kamu juga nggak boleh pakai lensa kontak, sebab bisa terkontaminasi dengan parasit-parasit yang ada di air kolam.

Menggosok matamu. Mungkin kamu kerap menggosok mata saat terasa gatal dengan keras. Stop! Jangan Lakukan itu lagi. Sebab, menggosok mata terlalu keras dapat merusak pembuluh darah di bawah kelopak mata. Belum lagi kalau jarimu kotor. Hal tersebut bisa mentransfer bakteri ke mata.

rubbing

Pakai obat tetes mata sembarangan. Mungkin di rumahmu punya persediaan obat tetes mata untuk berjaga-jaga saat anggota keluargamu memiliki gangguan pada mata. Namun, sebelum menggunakan, ada baiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter. Tak lupa periksa tanggal kedaluwarsa.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading