Sukses

Lifestyle

3 Kesalahan Saat Menabung yang Justru Bikin Kamu Tambah Boros

Fimela.com, Jakarta Banyak orang yang lelah karena keinginan dan kenyataan tak sejalan. Keinginan yang sangat tinggi dan tak dibarengi dengan ketekunan dan konsistensi membuat mereka stres dan justru menjadi mudah untuk menyerah. Salah satunya saat kamu ingin menabung dan mengumpulkan uang yang banyak. Tapi sayangnya, uang yang kamu tabung jumlahnya tak pernah bertambah sejak dua, bahkan tiga bulan lalu. 

Sepertinya kamu melakukan beberapa kesalahan pada saat berhemat demi mengumpulkan uang untuk ditabung. Nah, kalau begitu, Bintang.com kali ini akan membahas beberapa kesalahan yang berkaitan dengan hal ini. Dilansir dari The Street, ini dia kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan banyak orang pada saat menabung dan berhemat. 

Tidak mengeluarkan uang sama sekali. Kamu sudah menghitung semua ongkos dan biaya hidup untuk satu bulan. Kamu sudah menganggarkan semua keperluanmu. Tapi, kamu memangkas anggaran terlalu besar, hingga takut untuk mengeluarkan uang selain untuk ongkos dan makan sehari-hari. Contohnya, karena kamu sedang berhemat, kamu memutuskan untuk tidak mengunjungi dokter gigimu bulan ini. Memang, uangmu masih utuh. Tapi di bulan depan gigimu bolong dan gusimu bengkak dan bahkan harus dilakukan operasi ringan. Justru hal ini bikin kamu mengeluarkan uang lebih banyak di masa mendatang. 

Pilih barang dengan harga murah. Ya, kamu memang sedang ngirit dan tak mau mengeluarkan uang banyak. Akhirnya kamu memilih barang-barang yang sangat murah dengan kualitas rendah. Mungkin kamu berpikir harganya lebih murah jadi akan lebih hemat. Tapi, tak sampai tiga bulan, barang tersebut sudah rusak dan kamu terpaksa harus membeli barang itu dengan harga yang lebih mahal. 

Berhemat sama dengan sengsara. Banyak orang yang berpikir kalau kamu berhemat, berarti kamu harus sengsara. Tanpa makan makanan yang enak, harus berjalan kaki dengan jarang yang cukup jauh, dan lainnya. Padahal, berhemat bukan sekadar memangkas anggaran. Tapi juga soal memilih mana yang lebih efisien. Misalnya, pilihlah kendaraan yang paling efisien; aman dan bebas kemacetan. Kereta mungkin bakal bikin kamu lebih cepat sampai kantor. Tapi, dari stasiun kamu harus naik ojek lagi. Sedangkan kalau jalan kaki, kamu membutuhkan waktu 30 menit. Makanya, lebih baik naik bus atau angkot. Meskipun ongkosnya lebih mahal, tapi lebih efektif. 

Itu dia tiga kesalahan yang dilakukan banyak orang ketika mereka sedang berhemat dan menabung. Ketika kamu melakukan ketiga hal di atas, memang kelihatannya kamu sangat berhemat dan memangkas banyak anggaran. Padahal, ketiga cara di atas hanya akan membuatmu tambah boros di masa depan. Jadi, pastikan cara berhematmu benar dan efisien, ya. 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading