Sukses

Lifestyle

5 Cara Agar Kamu Bisa Menabung Rp 20 Ribu Sehari

Fimela.com, Jakarta Menabung memang menjadi hal yang penting bagi setiap orang. Tanpa adanya simpanan uang, kamu bisa-bisa bangkrut jika suatu saat tidak ada pemasukan. Menabung terasa berat karena pada awal atau akhir bulan, kamu menabungkan uangmu dalam jumlah besar. Sehingga kamu merasa banyak uangmu yang berkurang. 

Tapi, kamu jangan khawatir. Ada banyak cara agar menabung tidak akan memberatkan keuanganmu. Sehingga kamu bisa menabung dengan hati yang riang. Caranya adalah dengan menyisihkan Rp 20 ribu setiap harinya. Kebanyakan?  Sebenarnya, jika kamu melakukan lima hal ini, kamu bahkan bisa menyisihkan lebih dari Rp 20 ribu setiap hari. 

Berhentilah sarapan di luar. Banyak orang yang tidak mau repot masak di rumah setipa pagi. Mereka lebih memilih membeli sarapan di warung dekat kantor atau kampus. Memang, harganya murah. Tapi Rp 10-15 ribu bisa buat keperluan lain yang lebih berguna, lho! Sebaiknya kamu membuat sarapan sendiri di rumah.

Jangan beli minuman bersoda. Berjalan jauh pasti akan membuatmu sangat lelah dan haus. Kamu pasti butuh air dingin yang bisa membuatmu lebih segar. Soda dingin memang menjadi pilihan yang nikmat. Masalahnya, membeli soda botolan atau kalengan justru bakal bikin kamu tambah boros. Lebih baik kamu minum air mineral saja. Selain lebih sehat, kamu juga akan lebih hemat. 

Bawalah botol air. Banyak orang yang membeli air mineral kemasan. Meskipun harganya sekitar empat ribuan, tapi kalau kamu beli lebih dari satu botol perhari, banyak juga uang yang keluar! Jadi, sebaiknya kamu membawa botol air ke mana pun kamu pergi. Sehingga kamu bisa mengisi botol di rumah atau kantor. Jadi, tidak perlu mengeluarkan uang untuk beli air lagi. 

Belanja dengan kupon. Banyak orang yang mendapatkan kupon potongan harga atau bahkan gratis. Tapi banyak yang tidak menggunakannya. Soalnya, tanggal untuk penggunaan kupon sering kali masih lama. Sedangkan kamu sudah tidak sabar untuk membeli barang yang kamu inginkan. 

Hindari mesin ATM yang berbeda perusahaan bank. Banyak orang yang tidak tahu kalau kamu menggunakan mesin ATM yang berbeda dengan perusahaan bank kartu ATM-mu, pasti akan dikenakan biaya. Penggunaan tersebut meliputi penarikan tunai, transfer uang, pembayaran, hingga pengecekan saldo. Meskipun biayanya tidak akan lebih dari Rp 10 ribu, tapi tetap saja akan terasa, kan? Makanya usahakan kamu menggunakan mesin ATM yang sesuai dengan perusahaan yang mengeluarkan kartu ATM-mu. 

Lima hal di atas akan memudahkanmu dalam menyisihkan sebagian uang jajanmu. Dari pada membeli sarapan, dan air mineral kemasan, lebih baik kamu menyisihkan uangmu untuk ditabung. Jika setiap hari kamu menabung Rp 20 ribu, dalam satu bulan kamu bisa mengumpulkan Rp 600 ribu, lho! Cukup banyak, kan?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading