Sukses

Lifestyle

5 Hal yang Harus Dilakukan Anak Muda Agar Keuangannya Stabil

Fimela.com, Jakarta Banyak anak muda yang bermasalah dengan keuangannya. Jangankan soal investasi, menabung pun rasanya berat bagi mereka. Akibatnya, uang yang mereka simpan jumlahnya sangat sedikit, bahkan ada yang menghabiskannya hingga tak tersisa. Hal ini membuat mereka kesulitan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya. 

Kamu yang masih muda, berumur 20-an tahun, tentunya masih ingin bersenang-senang dengan sahabat dan juga mencari pengalaman lewat bekerja. Ada juga yang masih belajar di bangku kuliah. Semua hal ini membuatmu sibuk dan melupakan soal 'dompetmu.' Oleh karena itu, Rebbeca Lake, penulis lepas khusus bidang keuangan dan bisnis kecil, menuliskan beberapa hal yang perlu dilakukan anak muda agar stabilitas keuangannya terjaga. 

Catat semua pengeluaran dan pemasukan. Banyak orang yang tidak memerhatikan keuangannya. Termasuk berapa jumlah uang masuk, berapa yang keluar. Apa lagi, mereka juga tidak tahu untuk apa mereka menggunakan uangnya. Tanpa sadar, uang mereka sudah habis! Untuk menghindari hal ini, cobalah untuk mencatat uang keluar dan masuk beserta asal dan tujuan penggunaannya. 

Perencanaan keuangan. Perencanaan keuangan adalah salah satu hal yang paling penting. Kamu harus merencanakan semua hal, mulai dari ongkos, makan, bensin, beli buku, baju, belanja bulanan, hingga anggaran untuk makeup. Jika tidak kamu rencanakan, maka uangmu akan 'tersedot' habis tanpa tersisa. 

Pilih akun bank untuk menabung dan berinvestasi yang tepat. Banyak orang asal pilih bank ketika membuka akun tabungan. Padahal, ada banyak hal yang harus kamu periksa sebelum memilih bank yang tepat. Salah satu hal yang harus kamu periksa adalah suku bunga. Pilihlah suku bunga yang terbesar. Sehingga, ketika kamu sudah mengumpulkan uang di bank tersebut selama 10 tahun lebih, jumlah uang tambahan karena suku bunga yang besar akan menguntungkanmu. 

Kamu harus punya uang jaga-jaga. Banyak orang yang lupa untuk menyisihkan sebagian uangnya untuk berjaga-jaga. Kamu tidak tahu kapan laptopmu jatuh dan rusak. Atau ketika kamu harus mengganti ponselmu yang mendadak mati. Selain itu, ada juga teman yang menikah dan ulang tahun. Kalau tidak kamu pikirkan, uang yang sudah kamu anggarkan sebelumnya pasti tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan dadakan ini. 

Investasikan uangmu sedari muda untuk jangka waktu yang lama. Banyak orang yang menunggu dirinya memasuki usia senja, baru kemudian memilih untuk menginvestasikan uangnya. Padahal, kamu seharunya menginvestasikan uangmu dalam jumlah yang cukup besar, pada usia muda. Karena jangka waktu investasi dan jumlah uang yang kamu investasikan sangat berpengaruh pada hasil akhir, jumlah uang yang akan kamu dapatkan. Usahakan untuk memilih jangka waktu yang panjang, seperti 40 tahun. 

Itu dia lima hal yang harus kamu lakukan pada saat berumur 20-an tahun. Sehingga keuanganmu akan menjadi stabil. Kamu tidak akan kesusahan karena kamu tahu betul berapa uang masuk dan uang keluar. Karena itu, kamu pasti bisa mengontrol dirimu sendiri untuk tidak menghabiskan semua uang yang kamu dapatkan. Jangan sampai menunggu usia senja untuk menumbuhkan kesadaran tentang financial security. 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading