Sukses

Lifestyle

5 Fakta Otak Manusia yang Bikin Kamu Merasa Istimewa Sedunia

Fimela.com, Jakarta Dalam tubuh manusia, terdapat salah satu organ vital yang mengontrol seluruh gerak tubuh, baik motorik maupun sensorik. Kalau nggak ada organ ini, secara total manusia nggak akan bisa bertahan hidup. Jangankan bertahan, hidup pun tidak. Tahukah kamu organ apa yang dimaksud? Yap! Organ tersebut adalah otak.

Dengan berat sekitar 1,3 kilogram, otak mampu mengontrol setiap hal yang kita lakukan. Bahkan, otak dapat memerintahkan organ lainnya untuk bergerak, lho. Lebih dari itu, otak bisa menciptakan hal-hal yang nggak pernah kita duga sebelumnya. Wow! Berikut fakta-fakta menarik mengenai otakmu yang dikutip dari Ngkids.co.uk.

Otak lebih cepat dan hebat daripada superkomputer. Saat melihat hal-hal yang membahayakan di depan mata, otak akan mengkalkulasikan kapan, dimana, dan waktu yang dibutuhkan untuk menghindari bahaya tersebut. Lantas, otak memerintahkan otot-otot tubuh untuk bergerak. Kemampuan otak untuk menyerap, memproses, dan menerjemahkan ini diklaim lebih cepat daripada superkomputer sekalipun. 

Otak lebih cepat dan hebat daripada superkomputer. (via: fewtins.com)

Bola lampu bisa dihidupkan melalui aliran listrik yang berasal dari otak. Otakmu mengandung sekitar 100 milyar sel mikroskopis yang disebut neuron. Saking banyaknya, butuh ribuan tahun untuk menghitungnya. Otak manusia nggak pernah berhenti bekerja, bahkan Neuron otak mampu membuat dan mengirimkan pesan lebih banyak daripada pesan yang dikirim seluruh ponsel genggam di seluruh dunia. Walaupun satu neuron cuma menghasilkan sedikit daya listrik, namun jika seluruh neuron otak digabungkan, makan dapat menghasilkan energi yang cukup untuk menyalakan bola lampu berdaya rendah.

Bola lampu bisa dihidupkan melalui aliran listrik yang berasal dari otak. (Via: homesthetics.net)

Neuron punya kecepatan mengirimkan informasi ke otak lebih dari 240 km/jam. Saat benda asing menyentuh tanganmu dan kamu merangsangnya, terdapat proses panjang yang singkat untuk mencapai itu semua. Neuron sensorik di kulit akan meneruskan informasi ke sumsum tulang belakang dan otak dengan kecepatan kilat, yaitu lebih dari 240 km/jam. Kemudian otak mengirimkan neuron motorik untuk mengirim pesan balik lewat sumsum tulang belakang ke tangan. Dari proses tersebut, maka terjadilah goyangan tangan agar benda asing itu pergi dari tanganmu.

Neuron punya kecepatan mengirimkan informasi ke otak lebih dari 240 km/jam. (Via: solusipengobatanherbal.com)

Saat belajar sesuatu, struktur otak berubah. Struktur otak berubah setiap kali kita mempelajari sesuatu, sama seperti ketika kita mengingat hal baru. Itulah sebabnya otak bisa cerdas. Misalnya saat kamu ingin mengendarai sepeda yang awalnya tampak mustahil, namun nggak lama akhirnya kamu pun bisa mengendarainya dengan baik. Nah, ketika kita berlatih, otak mengirim pesan "mengendarai sepeda" sepanjang jalur neuron berulang kali sehingga membentuk hubungan neuron baru.

Saat belajar sesuatu, struktur otak berubah. (Via: imgfave.com)

Cerdaskan otak dengan olahraga. Olahraga dapat membuat jantung berdetak lebih kencang. Lari baik untuk tubuh dan upaya meningkatkan mood. Baru-baru ini, para ilmuwan menemukan fakta baru, bahwa setelah berolahraga, tubuh kita memproduksi zat kimia yang membuat otak kita semakin siap untuk belajar. So, ingin lebih siap beraktivitas? Olaharga setiap hari adalah jawabannya.

Cerdaskan otak dengan olahraga. (Via: i.huffpost.com)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading