Sukses

Lifestyle

3 Hal yang Lebih Penting dari Penambahan Dana Bisnis

Fimela.com, Jakarta Sebagai pengusaha muda, kamu pasti tidak ingin kehilangan bisnismu. Kamu ingin bisnismu berkembang dengan sangat cepat. Memang, cara wyang paling mudah adalah dengan meningkatkan jumlah dana untuk mengembangkan usahamu. Tapi, jangan sampai dana yang sudah kamu 'gemukkan' malah berakhir sia-sia. 

Soalnya, banyak pengusaha muda yang terlalu berambisi dan keliru saat mengambil keputusan. Mereka langsung meningkatkan jumlah dana untuk memperbesar usahanya. Sayangnya, mereka lupa banyak hal mendasar yang bahkan lebih penting dari peningkatan dana untuk bisnis mereka. Karena itu, sebelum 'menggumukkan' dana, sebaiknya pertimbangkan tiga hal penting ini. 

Value proposition. Mendapatkan dana untuk pengembangan bisnismu pasti sangat menggiurkan. Tak satu orang yang akan menolak turunnya dana (bisa dari mana saja) untuk kepentingan usahanya. Tapi, sebenarnya ada satu hal yang lebih penting dari pengembangan bisnis; value proposition. Ayelet Noff, CEO Blonde 2.0 mengatakan, cobalah untuk membangun value perusahaanmu dengan sebaik-baiknya. 

Tujuan pendanaan itu sendiri. Banyak pengusaha muda yang semangat untuk mendapatkan dana tambahan. Tapi, mereka belum menentukan untuk apa dana itu kamu gunakan nantinya. Cobalah rancang serinci mungkin, untuk apa saja dana itu akan kamu gunkan. Investor juga tidak akan percaya denganmu kalau kamu tidak punya perencanaan penggunaan dana dengan bijak. 

Cocokkah rencanamu dengan apa yang dibutuhkan pasar? Pengembangan apa yang kamu inginkan? Perluasan daya kangkau perusahaan? Biaya produksi? Pengeluaran produk baru? Kamu harus memikirkan dengan baik apakah rencanamu ke depan memang dibutuhkan pasar? Seperti Mark Zuckerberg yang memperluas Internet.org ke daerah-daerah pelosok. Kalau kamu jadi Mark, kamu harus berpikir, apakah warga desa itu memang butuh Internet, sementara pekerjaan mereka hanya bertani dan para pembelinya hanya warga sekitar? Pikirkan baik-baik, jangan sampai dana sudah ada, tapi produk dan rencanamu malah tidak tepat sasaran. 

Itu dia tiga hal yang ternyata lebih penting untuk kamu pertimbangkan dari pada meningkatkan jumlah dana untuk pengembangan bisnismu. Pastikan juga waktu 'penggemukan' dana ini waktunya tepat. Jangan sampai, kamu sudah mengeluarkan banyak dana, tapi malah rugi besar. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading